Di tengah situasi yang tidak menentu ini wilayah Udanawu juga masih berjalan dengan lancar dan baik, untuk keamanan mengenai pungli di wilayah kabupaten Blitar ada suatu tim saber Pungli yang terus memburu pelaku perbuatan pungli di wilayah Blitar. Untuk mendukung hal tersebut Bhabinkamtibmas Polsek Udanawu melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum di berbagai tempat tentang saber pungli. Kamis 1 Juni 2023.

Bhabinkamtibmas yang sangat dekat dengan masyarakat selalu dapat berbicara banyak, kali ini tugas dari Kepolisian dan juga melayani masyarakat adalah mensosialisasikan tentang saber pungli di lingkungan masyarakat. Aipda Agus Sugiarto, S. H. Melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan atau memperbolehkan di lingkungan sekitar kegiatan pungli atau pungutan liar.

 

Perbuatan tersebut menguntungkan perseorangan atau kelompok dengan merugikan orang lain, tentu ini sangat melanggar hukum dan dapat dipidana sesuai dengan undang-undang. Untuk itu dimana pun berada Bhabinkamtibmas bisa melaksanakan penyuluhan dengan berbekal modul yang tersedia. Sosialisasi kali ini di Desa Ringinanom saat berpatroli kebetulan berkumpul beberapa warga masyarakat kemudian langsung menyapa dengan baik.

 

Masyarakat juga setuju dengan apa yang dibicarakan oleh Bhabinkamtibmas, karena semua hal yang merugikan orang lain patut untuk dihukum penjara supaya jera. Untuk itu mereka akan memberikan informasi bilamana suatu saat menemukan kegiatan pungli seperti yang dimaksudkan oleh petugas dari Polsek Udanawu.

 

Menurut Wakapolsek Udanawu IPTU F. Agus Supriyanto “kegiatan pungli melanggar hukum tentu harus kita cegah dengan berbagai cara, kali ini dengan cara sosialisasi dengan modul jadi seperti kuliah singkat untuk memberikan masyarakat pencerahan tentang saber pungli. ” Ujar Wakapolsek Udanawu