Kota Blitar pagi ini Jum’at tanggal 18 Januari 2019 sekitar pukul 08.00 Wib terjadi kebakaran. Lokasi kebakaran di Rumah Makan Ramayana di Jalan Merdeka Kota Blitar. korban sekaligus pemilik rumah makan, Yenny Karnadi mengatakan peristiwa kebakaran mulai sekitar pukul 08.00 Wib.

menurut Yenny, kondisi aliran listrik mati sejak pukul 05.00 hingga 07.45. Kemudian listrik kembali nyala sekitar pukul 08.00 Wib. Awalnya dia mengetahui gumpalan asap berada di plafon lantai bawah. Mengetahui itu, dia meminta petugas jaga rumah makan untuk mencabut semua colokan stop kontak dengan maksud memutus aliran listrik.

Hanya, seketika itu juga api telah lebih dulu merambah seluruh isi bangunan hingga menimbulkan asap tebal yang meninggi. Kemudian pihaknya melaporkan peristiwa tersebut kepada UPT PMK (Pemadam Kebakaran) Pemkot Blitar, Kodim serta Polres Blitar Kota. awalnya tahu ada asap di plafon bawah. Terus saya langsung minta karyawan saya untuk menyabut colokan stop kontak, jelas dia. Saat ini petugas damkar (pemadam kebakaran) masih terus berupaya melakukan pemadaman api. Petugas dari Polres Blitar Kota dan Kodim 0808 Blitar juga turut membantu pemadaman api.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si melalui Kasat Reskrim Polres Blitar Kota AKP Heri Sugiono, SH. MH mengatakan pihaknya mendapat laporan rumah makan Ramayana terbakar sekitar pukul 08.30 Wib. Lebih lanjut Polres Blitar Kota juga masih melakukan upaya pemadaman bersama petugas Damkar. Belum diketahui secara pasti apa penyebab kobaran api tersebut dan juga jumlah kerugian materi maupun nonmateri. Hingga kini belum diketahui penyebab kebakaran dan pemadaman dilakukan petugas gabungan dari pemadam kebakaran Kota Blitar, TNI dan Polri. Setelah 2 jam api bisa dipadamkan dan dilanjutkan proses pembasahan.

AKP Heri menambahkan untuk menjinakkan api diterjunkan 7 mobil pemadam kebakaran dari Kota Blitar, serta 2 mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Blitar. Kami masih menunggu hasil koordinasi dari PMK dulu, kami juga akan meminta bantuan tim labfor Polda Jatim untuk mengetahui apa penyebabnya kebakaran tersebut.