Polsek Kepanjen Kidul Polres Blitar Kota pada hari Kamis tanggal 02 Januari 2020 Pukul 13.45 Wib melakukan pengecekan dan peninjauan tentang adanya lokasi rawan longsor yang berada di belakang bangunan rumah salah satu warga yang terletak di bantaran sungai kali lahar tepatnya di Jl.Arjuno (belakang wisata Sumber Udel) kelurahan Kepanjenlor kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar begitu mendapat laporan dari masyarakat.

Kapolsek Kepanjen Kidul Kompol Agus Fauzi, SH setelah tiba dilokasi bersama instansi terkait menjelaskan pada hari Rabu tanggal 01 Januari 2020 sekitar pukul 18.00 Wib wilayah Kota Blitar diguyur hujan deras dan sekitar pukul 19.00 Wib dampak dari hujan deras tersebut mengakibatkan tebing di bantaran sungai lahar longsor dan berbatasan langsung dengan bangunan rumah milik salah satu warga terdampak kurang lebih 1 meter.

Mengingat kondisi cuaca hujan deras, maka sementara pihak BPBD dan Dinas PU Kota Blitar masih akan mempersiapkan material pendukung untuk penanggulangan sementara dan direncanakan besok pagi akan dilakukan tindakan. Dan pemilik bangunan rumah sementara di minta untuk meningkatkan kewaspadaan. tidak terdapat korban jiwa maupun kerusakan rumah warga, namun kondisinya sudah memperihatinkan mengingat jarak dari bantaran sungai dengan bangunan rumah tidak sampai 1 meter.