Ditengah intensitas kerja lapangan yang tinggi, Polres Blitar Kota melaksanakan Rapid Test Antigen kepada anggota sebagai langkah awal pencegahan penyebaran Covid-19, Senin (17/05).

Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan mengatakan Rapid Test Antigen yang dilakukan hari ini diikuti oleh segenap anggota yang terdiri dari Pejabat Utama (PJU), Bintara, dan ASN di lingkungan Polres Blitar Kota.

“Ini juga untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap polisi, bahwa saat melaksanakan tugas di lapangan petugas telah dipastikan tidak terpapar Covid-19,” ujarnya.

Proses Rapid Test Antigen itu dilakukan oleh Polisi Urusan Kesehatan (Urkes) Poliklinik Polres Blitar Kota. Dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) petugas melakukan pemeriksaan terhadap 49 personel polisi Polres Blitar Kota yang bertempat di Gedung Rupatama.

“Seperti yang di ketahui, bahwa dalam hal penanganan mudik dan sebagainya merupakan tugas dari kepolisian, oleh karenya bisa dibilang polisi memiliki integritas yang cukup tinggi di lapangan dan bertemu langsung dengan masyarakat,” imbuh Yudhi.

Atas hal tersebut, Yudhi menilai pentingnya pencegahan secara dini terkait penyebaran Covid-19 dengan cara memeriksa petugas kepolisian yang sering bertugas di lapangan.

Dari hasil pemeriksaan, seluruh sempel menunjukkan hasil negatif dari Covid-19 dan petugas yang bersangkutan diperbolehkan melanjutkan tugasnya seperti biasa.

“Seandainya kita temukan ada yang positif, maka yang bersangkutan akan kami lakukan tindakan sesuai Prokes dan tidak memperbolehkannya bertugas sampai kondisinya benar-benar sehat,” pungkas Kapolres.