Pada bulan suci Ramadhan ini banyak masyarakat menyiapkan barang pakaian ataupun makanan untuk lebaran nanti, untuk itu aktivitas masyarakat meningkat di sejumlah fasilitas umu wilayah Udanawu. Untuk itu Polsek Udanawu semakin gencar melaksanakan patroli antisipasi tindak kriminalitas agar masyarakat dapat beraktifitas dengan lancar. Rabu, 20 April 2022.

 

 

Dalam kegiatan patroli objek vital dipimpin Aipda Agus Priyono beserta 3 rekan lainnya menggunakan mobile Backbone melaksanakan pengecekan aktifitas masyarakat di BRI Unit Udanawu, SPBU, Alfamart dan Toserba Redjo. Pengecekan guna meningkatkan keamanan wilayah khususnya di Udanawu menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas adalah dengan memperlihatkan atau hadir di tengah masyarakat dapat mengurungkan niat dan kesempatan dari penjahat/teroris.

 

Memulai patroli pukul 09.00 WIB pagi hari tentu meningkatnya masyarakat yang ingin berbelanja ataupun ke fasilitas umum, ini mengundang perhatian dari penjahat yang tidak diketahui karena keramaian adalah sasaran empuk yang matang. Hadirnya polisi pasti akan membuat kenyamanan pada masyarakat sehingga bisa dengan tenang ke fasilitas umum. Polisi yang patroli juga menghimbau pada warga untuk selalu peduli terhadap kendaraan yang diparkir dengan cara mengunci motor dan membawa kuncinya saat masuk ke pertokoan atau perbankan.

 

Kegiatan kepolisian ini juga didukung oleh pam swasta yang dimiliki oleh perbankan atau pertokoan, apabila terjadi sesuatu bisa menghubungi Polsek Udanawu melalui by phone atau datang langsung. Pasti bisa gerak cepat menuju lokasi kejadian. Situasi Kamtibmas pada objek vital ini memang cukup padat mengingat banyak masyarakat yang menyiapkan lebaran yang tiba sebentar lagi, untuk wilayah Udanawu bisa terkendali dengan baik karena masyarakatnya kebanyakan orang dari kampung/desa jadi semua merakyat terhadap polisi.

 

Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos berkata “kegiatan kepolisian utama yaitu Turjawali (pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli) dilaksanakan setiap hari dalam upaya menjaga situasi Kamtibmas wilayah, oleh karena itu sering dijumpai polisi patroli dengan mobil Backbone keliling untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas” kata Kapolsek saat ditemui.

 

Jadi peran masyarakat sangat penting, laporan masyarakat bisa langsung ditindaklanjuti oleh petugas piket di Polsek dengan segera menuju ke lokasi bila ada kejadian. Jadi memang perlu komunikasi yang baik untuk kelancaran tugas membantu masyarakat.