Karena berada di tengah musim hujan yang hampir setiap hari selalu turun dengan deras, dan juga mendekati akhir tahun 2022 biasanya selalu diguyur hujan maka Polsek Udanawu melalui petugas piket jaga melakukan tugas patroli antisipasi bencana banjir di sungai-sungai yang dialiri arus deras wilayah hukum Polsek Udanawu. Sabtu, 24 Desember 2022.

 

Patroli sebelum turun hujan saat siang hari mulai pukul 12.00 WIB anggota Polsek Udanawu berkeliling memantau dan mengawasi arus air yang ada di sungai-sungai besar di Udanawu. Sebab wilayah Udanawu dialiri arus dari gunung Kelud yaitu arus lahar dingin. Dengan demikian dapat mengetahui kondisi air dan menentukan langkah-langkah selanjutnya dalam antisipasi.

 

Dengan sigap anggota Polsek Udanawu memberitahu warga masyarakat sekitar agar waspada terhadap bahaya bencana alam karena memang hampir setiap hari mengalami hujan deras. Selain itu pemdes setempat di wilayah patroli (Desa Ringinanom) agar dapat menggerakkan warganya untuk bersatu saling bantu bila terjadi sesuatu minimal antisipasinya dalam mempersiapkan diri menghadapi musim hujan.

 

Polsek Udanawu siap dipanggil sewaktu-waktu apabila masyarakat membutuhkan bantuan darurat maupun keamanan untuk misi kemanusiaan. Dan akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk upaya dalam menjaga wilayah Udanawu dari hujan deras yang mengakibatkan bencana alam.

 

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos saat ditemui “segala upaya pencegahan akan terus kami lakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Udanawu. Untuk itu masyarakat dapat melaporkan apabila terjadi sesuatu. ” Ujar Kapolsek Udanawu