Dengan suasana lebaran tahun 2022 ini semangat masyarakat untuk merayakan sangat antusias dalam melaksanakannya, sholat Idul Fitri di Ponpes Mambaul Hikam Mantenan Udanawu diikuti ribuan jamaah dari wilayah Kecamatan Udanawu dan sekitarnya. Polsek Udanawu lakukan pengamanan untuk mengantisipasi kriminalitas dan juga jamaah yang membunyikan petasan sangat berbahaya. Senin, 2 Mei 2022.

Selain melaksanakan pengamanan di Ponpes Mambaul Hikam Mantenan, Polsek Udanawu juga mengamankan di Masjid Baitul Muttaqiin Desa Ringinanom yang tempatnya di pinggir jalan provinsi wilayah Udanawu. Karena sangat ramai sekali tentu ini akan sangat membutuhkan kehadiran polisi dalam mengatur jalan dan juga mengawasi sepeda motor milik jamaah yang ditinggal saat melakukan sholat Id. Di Udanawu sendiri yang dikenal sebagai serambi Mekkah setiap masjid melaksanakan sholat Id masing-masing di wilayahnya sendiri.

Polsek Udanawu juga mengantisipasi kegiatan membunyikan petasan yang hampir setiap lebaran selalu ada saja pemuda-pemuda yang membunyikan, padahal petasan kertas dibungkus kertas itu berdaya ledak cukup tinggi bisa menghancurkan apa saja bila tidak hati-hati. Untuk itu dilarang keras di wilayah Udanawu. Himbauan Kamtibmas tidak luput dari kegiatan pengamanan di Masjid. Cukup dengan memberikan dialogis dengan tokoh pemuda mereka akan dengan senang bisa menerima informasi yang baik dari Kepolisian. Ini akan memudahkan tugas kepolisian.

Oleh karena itu Polsek Udanawu setelah melakukan pengamanan sholat Id melanjutkan patroli pada pemukiman warga dengan tujuan mencegah tindakan kriminalitas karena rumah-rumah warga banyak yang sepi ditinggal mudik ke kampung halaman atau masih tasyakuran di Mushola terdekat, situasi terakhir wilayah Udanawu hingga pukul 08.00 WIB terpantau aman terkendali masyarakat bisa melaksanakan hari lebaran dengan aman dan nyaman sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos “polisi yang bertugas saat lebaran wajib melaksanakan kegiatan pengamanan sholat Id dan juga patroli pada objek vital dan pemukiman untuk memelihara stabilitas keamanan wilayah kecamatan Udanawu yang damai ini” terang Kapolsek Udanawu

Tentu ini menjadi tugas dan tanggung jawab pihak Kepolisian dalam menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah Udanawu. Semoga lebaran tahun ini bisa berjalan dengan aman untuk masyarakat.