Bersih Desa merupakan slametan atau upacara adat Jawa untuk memberikan sesaji kepada danyang desa. Sesaji berasal dari kewajiban setiap keluarga untuk menyumbangkan makanan. Bersih desa dilakukan oleh masyarakat untuk membersihkan desa dari roh-roh jahat yang mengganggu, Sebagai puncak acara bersih desa kelurahan Sananwetan dan Memperingati HUT RI Ke 74 hari ini Rabu 28 Agustus 2019 kelurahan Sananwetan menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang  Ki Bambang Tri Buwono S. Sn dari Lodoyo ” dengan Lakon “Seno Kridho” menampilkan bintang tamu Joklitik Joklutuk Cs.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang digelar di depan kantor kelurahan Sananwetan juga dihadiri oleh Camat Sananwetan Bpk. Heru Eko Pramono S. Stp, Kapolsek Sananwetan diwakili ( Bripka Amirudin SH ), Danramil 0808/20 diwakili Peltu Bambang Wijanarko, Kepala Kelurahan Sananwetan Hery Sukoco S.  Sos, Kepala Kelurahan Sananwetan se Kec. Sananwetan, Babinsa 0808/20 Sananwetan Serma Hery Purnomo dan Sertu Eko Joko, Ketua LPMK Drs. H. Mustamir SPd. MPd, Ketua RT/RW se- Kelurahan Sananwetan Tomas Toga se-Kelurahan Sananwetan dan Masyarakat sekitar.

Untuk menjamin keamanan dan ketertiban pagelaran wayang kulit kapolsek Sananwetan Kompol Didit Prihantoro S.H,.M.H menerjunkan personil untuk melaksanakan pengamanan kegiatan mengingat setiap kali ada kegiatan dapat dipastikan penonton banyak yang menikmati hiburan tersebut, selain dari anggota polsek Sananwetan pengamanan juga melibatkan anggota koramil 20 Sananwetan,Anggota Polres Blitar Kota dan pengamanan internal dari pihak kelurahan. Sebelum pelaksanaan pengamanan kanit lantas polsek Sananwetan Iptu Datuk Sh sebagai perwira pengendali lapangan melaksanakan pengecekan serta pembagian tugas kepada anggota di halaman mapolsek Sananwetan, hal ini untuk mempermudah anggota dalam bertugas serta mengecek persiapan anggota pengamanan.

Kapolsek Sananwetan Kompol Didit Prihantoro S. H,. M. H mengatakan.,” pengamanan pertunjukan wayang kulit yang diselenggarakan oleh kelurahan Sananwetan merupakan bentuk pelayanan kepolisian kepada masyarakat untuk menjamin keamanan dan ketertiban, Kapolsek juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang hadir untuk selalu menjaga dan memelihara kamtibmas yang aman dan kondusif, jaga ketertiban dan kerukunan karena pertunjukan wayang kulit tersebut merupakan budaya yang harus di jaga dan dilestarikan sebagai budaya untuk memupuk tali persaudaraan.