Polsek Sanankulon – Dibawah kendali Padal Aipda Turnawan, tadi malam personel Polsek Sanankulon melaksanakan kegiatan patroli wilayah antisipasi ronda sahur yang menggunkan perangkat pengeras suara berupa Soundsystem. Senin (25/4/22). Perangkat Soundsystem yang dipasang berlebih yang dapat mengganggu ketertiban masyarakat.

Aipda Turnawan mengatakan bahwa kegitan patroli ronda sahur ini bertujuan untuk menciptakan situasi bulan suci Ramadhan yang amam, nyaman dan kondusif menyusul laporan warga yang merasa terganggu oleh aktivitas ronda sahur dengan sound system dan memutar lagu dangdut koplo dengan keras. Bahkan ada beberapa warga yang menyalakan mercon atau petasan untuk membangunkan orang demi sahur.

Sementara itu secara terpisah Kapolsek Sanankulon AKP Budi Agus S, S.H. mengatakan bawasannya jika ronda sahur agar menggunakan alat alat tradisonal seperti kentogan dari bambu dan tidak menggunakan sound system yang suaranya terlalu keras yang dapat mengganggu masyarakat.

“Terlebih lagi ronda yang menggunakan sound system itu dilakukan pada jam jam yang sebenarnya belum waktunya orang santap sahur. Sehingga masyarakat yang bangun tidak lantas bersyukur namun mengeluh karena terlalu dini dibangunkan”. ucapnya.

“Selain itu jika ronda sahur tidak boleh membawa petasan guna menghindari kejadian saling melempar petasan pada saat bertemu kelompok ronda saur yang satu dengan kelompok ronda sahur yang lainya sehinggga dapat memicu terjadinya gesekan dan terjadi perkelahian”. tutur Kapolsek Sanankulon.