Anggota Polsek Ponggok pengamanan kunjungan Bupati Blitar untuk melakukan sambang desa dalam program One Village One Product (OVOP) di desa Sidorejo Kecamatan Ponggok, Rabu (28/9/2022).

Bupati Blitar yang akrab disapa Mak Rini itu mengapresiasi potensi yang ada di desa Sidorejo salah satunya produksi minuman segar dengan memanfaatkan potensi desa yaitu nanas.
Melimpahnya Nanas di Desa Sidorejo, Mak Rini menyarankan agar nanas dapat diolah menjadi berbagai macam olahan. Salah satunya menjadi selai dan permen.
“Melimpahnya nanas bisa untuk berbagai macam  varian produk. Bisa untuk selai, kulitnya untuk pupuk sehingga dapat berkembang lagi untuk produknya,”  jelas Mak Rini.

Selain Nanas, Desa Sidorejo juga  memiliki potensi produk UMKM. Diantaranya, telur asin, olahan keripik, sayur organik, kerajinan tangan dan produksi sabun cuci.
Dalam kesempatan itu, Mak Rini meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar untuk melakukan pendampingan UMKM Desa Sidorejo. Salah satunya terkait pengemasan produk. Sehingga produk yang dihasilkan dapat dipasarkan secara luas dengan kemasan layak jual.
“Saya juga mendorong pelaku UMKM untuk mengurus izin produksi dan juga memperhatikan komposisi produk sehingga dapat dipasarkan secara luas,” urainya.

Usai dari Desa Sidorejo, Mak Rini kemudian bertolak ke Desa Gembongan untuk melihat potensi di sana. Desa Gembongan Kecamatan Ponggok itu memiliki potensi ayam hias, produk UMKM, olahan keripik, aneka minuman cincau, minuman Toga, produk pertanian, sandal jepit, cangkul dan tanaman hias.
“Saya terus mendorong potensi yang ada di desa terlebih para pemuda desa untuk terus berinovasi dan menjadi petani milenial,” ulasnya.

Untuk informasi program kegiatan One village One Product (OVOP)  bertujuan untuk mendorong geliat sektor pariwisata dan UMKM yang ada di desa-desa di Kabupaten Blitar.
Mak Rini, orang nomor satu di Kabupaten Blitar itu menjelaskan, konsep One village one product ini bertujuan untuk menetapkan kekhasan suatu produk yang dimiliki oleh masing-masing desa untuk terus dikembangkan agar dapat memberikan nilai tambah pada produk tersebut.
“Produk tersebut nantinya diharapkan akan dapat bersaing di pasar lokal maupun internasional sehingga dapat memberikan kontribusi pada pendapatan daerah Kabupaten Blitar,” jelas Bupati.

Kegiatan kunjungan di wilayah Ponggok berjalan lancar dan aman.