Polri memiliki peranan penting dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif. Kehadiran pihak kepolisian sangat dibutuhkan disetiap waktu dan kondisi guna mencegah para pelaku kejahatan dengan faktor kesempatan yang berpotensi pada terjadinya gangguan keamanan .

Hal tersebut sesuai yang dilaksanakan oleh personel Polsek Ponggok Polres Blitar Kota yang dipimpin oleh Aiptu Murtaji bersama anggota lainnya melakukan pengamanan ibadah di Gereja GKIN EFRATA Desa Gembongan  dan GKIN EMANUEL Desa Jagoan Kecamatan Ponggok, Minggu (19/07/2020)

Giat Kebaktian rutin hari Minggu di Gereja-Gereja tersebut dimulai pukul 09.30 WiB sampai dengan pukul 11.00 WiB dengan tema “ Pertaubatan Kepada Tuhan “. Dalam kegiatan kebaktian tersebut diikuti oleh 70 orang jemaat dari wilayah Ponggok.

Sebelum dilaksanakan kegiatan  kebaktian, personel Polsek Ponggok menghimbau kepada jemaat untuk disiplin sesuai protokoler kesehatan selanjutnya melaksanakan langkah sterilisasi gereja terlebih dahulu. Hal tersebut merupakan Standart Operational Procedure (SOP) yang harus dilakukan sebelum mengamankan giat kebaktian gereja dikarenakan para jemaat yang hadir melaksanakan ibadah memerlukan perlindungan dan pengayoman

”Kami akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada umat Kristiani yang akan melaksanakan ibadah di gereja sehingga para jemaat dapat melaksanakan ibadah dengan tenang dan dan nyaman,” ujarnya.

Sementara itu Kapolsek Ponggok AKP Sony Suhartanto , S.H., mengatakan bahwa,” Pengamanan gereja setiap hari Minggu rutin dilaksanakan oleh personel Polsek Ponggok sebagai upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap umat Kristiani dalam melaksanakan ibadah sehingga para jemaat Kristiani semakin khusuk dan nyaman dalam melaksanakan ibadah, “pungkasnya.