Polsek Kepanjen Kidul Polres Blitar Kota mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) keracunan massal di rumah salah satu warga jalan kurma kelurahan Kepanjen Kidul kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar hari Sabtu tanggal 03 Agustus 2019. Puluhan warga jalan kurma kelurahan Kepanjen Kidul diduga mengalami keracunan massal.

Dari hasil penyelidikan dan keterangan yang didapat polisi, kejadian itu bermula pada hari Kamis malam tanggal 01 Agustus 2019, Ibu Nanik, warga jalan kurma mengundang tetangga sekitarnya dalam acara tasyakuran. Selanjutnya di acara tersebut warga diberi hidangan nasi rawon. Namun ada beberapa tetangga yang mencium aroma basi dari makanan yang dihilangkan. setelah acara selesai, keesokan harinya tepatnya hari Sabtu tanggal 03 Agustus 2019 pukul 11.09 Wib, salah satu warga yaitu Darsono, tetangga dari ibu Nanik yang memakan makanan dari tasyakuran merasakan perut terasa sakit dan pusing yang kemudian meninggal dunia, tidak berapa lama beberapa tetangga yang ikut menghadiri tasyakuran dan juga makan hidangan juga mengalami hal yang sama. Dan segera berobat ke rumah sakit Mardi Waluyo, namun hingga Sabtu siang ada sekitar 30 warga lainnya mengalami hal yang sama sehingga para warga ini berdatangan ke rumah sakit Mardi Waluyo untuk berobat.

Kapolsek Kepanjen Kidul Kompol Ahmad Agus Fauzi, SH melalui Kasihumas Bripka Anisa Saraswati mengatakan, karena kejadian ini hingga Sabtu siang polisi masih melakukan pemeriksaan saksi maupun mengumpulkan keterangan terkait kasus dugaan keracunan massal yang dialami puluhan warga jalan kurma kelurahan Kepanjen Kidul kota Blitar.