Polres Blitar turut serta dalam pelaksanaan Apel 3 Pilar yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar bersama TNI dan Satgas Covid 19, rabu sore (9/6/21) di alon alon Pemkab Blitar di Kanigoro yang dipimpin langsung Bupati Blitar Rini Syarifah.

Turut hadir pula dalam agenda ini Kapolres Blitar, Kapolres Blitar Kota, AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan,S.I.K.,M.Si, Pjs. Dandim 0808 Blitar, Ketua DPRD Kabupaten Blitar dan Sekda Kabupaten Blitar.

Dalam sambutanya, Bupati Blitar Rini Syarifah, menyampaikan apel gabungan ini digelar untuk menyatukan persepsi dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Blitar.

Penanganan Covid-19 di Kabupaten Blitar kian dimasifkan setelah beberapa daerah di Indonesia mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang tinggi beberapa waktu terakhir.

“Kita hadir di sini dalam rangka percepatan penanganan kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar. Saya sampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang sampai saat ini masih berperan dalam penanganan Covid-19,” kata Rini.

Lanjutnya, yang memprihatinkan adalah angka kematian di Kabupaten Blitar sangat tinggi yakni 11,3%. Angka itu, menurutnya terpaut jauh dari yang seharusnya yaitu kurang dari 2%.

“Melihat data tersebut, melalui apel ini mari kita satukan persepsi untuk mendukung upaya pemerintah menekan penyebaran Covid-19,” Ujarnya.

Dalam penanganan kasus Covid-19, Pemkab Blitar gencar melaksanakan vaksinasi. Untuk menyukseskan vaksinasi, Bupati Blitar mengajak kepada seluruh perangkat daerah, TNI-Polri, stakeholder dan ASN agar gencar mensosialisasikan vaksinasi pada masyarakat.

Sementara itu, Kapolres Blitar Kota, AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan,S.I.K.,M.Si menyatakan pihak Kepolisan akan terus berupaya semaksimal mungkin menekan laju penyebaran Covid-19 di Kabupaten Blitar.

Beberapa upaya yang tengah dilakukan diantaranya mengoptimalkan Posko PPKM Mikro di tingkat desa/kelurahan. Selain itu Polri juga ikut menyukseskan program vaksinasi yang digagas secara nasional.

“Posko PPKM Mikro harus dioptimalkan. Selain itu, kita juga mendukung percepatan vaksinasi nasional dengan berikan himbauan dan sosialisasi langsung kepada warga” tegas Yudhi.