berita3Menyikapi maraknya tahanan kabur dari ruang tahanan Polres baik Mapolres Tulungagung beberapa waktu yang lalu dan Mapolres Blitar tadi pagi, Kapolres Blitar Kota memeriksa ruang tahahan yang ada di Mapolres Blitar Kota, Kamis (17/12).

Pemeriksaan ruang tahanan ini dipimin langsung oleh Kapolres Blitar Kota, AKBP Yossy Runtukahu, S.I.K  beserta pejabat utama Polres, Pemeriksaan ini melingkupi kepastian kekuatan teralis tahanan dan barang bawaan para tahanan. “Biasanya yang digunakan oleh tahanan kabur adalah barang bawaan dan kiriman dari pengunjung, misalkan gergaji besi, ini yang kita antisipasi,” ujar Kapolres Blitar Kota AKBP Yossy Runtukahu, S.I.K usai pemeriksaan.

Pihak Polres Blitar Kota akan memeriksa lebih ketat lagi barang bawaan pengunjung yang ingin membesuk tahanan di Mapolres Blitar Kota. Pihaknya juga akan memeriksa tahanan ini secara rutin untuk mengantisipasi adanya tahanan yang berniat untuk kabur.

Selain memeriksa tahanan, Kapolres Blitar AKBP Yossy Runtukahum S.I.K juga mengajak para tahanan untuk berdoa bersama. Doa bersama ini dilakukan untuk saling medoakan satu sama lain, agar perkara yang dihadapi para tahanan ini cepat selesai serta sabar dalam menjalani masa pemeriksaan ataupun saat menjalani hukuman.

berita1

Ia juga menyampaikan pesan pada para tahanan untuk tabah dan memilih menjalani rangkaian pemeriksaan yang dilakukan penyidik, sehingga perkaranya bisa cepat selesai. ” Kalau kabur,  pasal yang dijatuhkan malah makin berat, karena kasusnya bertambah,” tegasnya. (hms)