Dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat Polres Blitar Kota tetap mengedepankan kelengkapan dan penampilan perseorangan personil. Kapolsek maupun pejabat yang ditunjuk untuk mengawasi dan kontrol penampilan personil polri rutin melakukan pengecekan. Bukan hanya tingkat Polres yang wajib rapi dan humanis melayani masyarakat tapi Polsek juga mengedepankan hal tersebut. Seperti dalam pengecekan sikap tampang hari ini rabu tanggal 12 september 2018 sebagai contoh Polsek Sanan Wetan dan Polsek Nglegok. Tidak ragu ragu kapolsek maupun kanit provos menegur anggota yang melanggar. Dan langsung diberikan sangsi berupa hukuman fisik push up maupun lainnya.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si melalui Kasubbag Humas Ipda Sjamsul Anwar menjelaskan penampilan perseorangan polri berseragam seperti etalase di pertokoan bila terlihat baik maka masyarakat akan tertarik dan tidak canggung lagi untuk berinteraksi. Juga bisa menjadi tolak ukur penilaian masyarakat apabila didepan atau penampilan menarik pasti didalamnya juga menarik dan punya potensi menjual dalam hal pelayanan prima kepolisian.

Tidak menutup kemungkinan secara interaksi bisa mempermudah komunikasi dengan masyarakat yang kedepannya membantu mewujudkan keamanan dan ketertiban diwilayah hukum Polres Blitar Kota. Menertibkan kedalam dahulu baru menertibkan masyarakat yang melakukan pelanggaran.