Untuk  menumbuhkan kesadaran nasional terhadap anggota POLRI, Polres Blitar Kota menggelar Upacara Bendera bulanan yang rutin dilaksanakan setiap bulannya dihalaman Mapolres Blitar Kota, pada hari Rabu tanggal 17 Maret 2017 jam 08.00 Wib, disamping giat upacara bendera sekaligus dilakukan giat pemberian Reward bagi anggota Polres Blitar Kota yang berprestasi, adapun sebagai Irup dalam upacara dijabat oleh Kapolres Blitar Kota AKBP Heru Agung Nugroho S.I.K .

Dalam giat Upacara Bendera di Mapolres Blitar Kota telah dihadiri Para Pejabat Utama Polres Blitar Kota yaitu para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran Polres Polres Blitar Kota, dan para perwira staf  Polres , adapun sebagai pasukan upacara terdiri dari Satu pleton anggota Sabahara gabungan Polsek jajaran, Satu pleton anggota Polwan, Satu pleton Anggota Sat Lantas, Satu Pleton anggota Sat Sabhara Polres, satu pleton Anggota Sat Reskrim dan Satu pleton gabungan anggota Sat Intelkam dan Sat Narkoba serta Satu Pleton  anggota PNS  Polres Blitar Kota, adapun sebagai Komandan Upacara di jabat oleh Kaur Regident Lantas  IPTU Meita Anisa S.I.K, M.H

Dalam pelaksanaan Upacara Bendera dari mulai persiapan pasukan Upacara, pengibaran Bendara Merah Putih, pengucapan Tribrata, Catur Prasetya dan pembacaan Janji Korp PNS tersebut berjalan dengan tertib dan lancar, Untuk seluruh petugas upacara kali ini dari anggota Polwan.

Kemudian anggota yang mendapat penghargaan tampil dan menghadap Irup untuk laporan dan menerima penghargaan dari Kapolres yang diserahkan oleh Irup, akan tetapi sebelum itu pembawa acara telah membacakan keberhasilan anggota yang mendapat penghargaan yaitu anggota bernama AIPTU Maryani S.H,  anggota Bhabiun Kamtibmas Polsek Sukorejo yang berprestasi di lingkungan binaannya Kelurahan Karangsari dan Bripka Suhadi anggota Bahbinkamtibmas Polsek Sukorejo yang dalam tugasnya berhasil bersama 3 Pilar memenangkan lomba Kelurahan di tingkat Kota Blitar,  Selanjutnya Irup membacakan amanat dari Kapolres Blitar Kota  yang intinya yaitu :

  • Kapolres mengingatkan, bahwa upacara bendera yang kita laksanakan saat ini, jangan dianggap sebagai kegiatan rutin, namun harus dimaknai sebagai momentum untuk melatih tanggung jawab, memupuk jiwa patriotik, menanamkan kembali nila-nilai dan semangat nasionalisme pada setiap individu anggota dan PNS POLRI.
  • Pada kesempatan ini, Kapolres menyampaikan anev pelaksanaan tugas yang telah kita lakukan bersama baik di bidang pembinaan maupun di bidang operasional.
  1. Di bidang pembinaan, kita telah melakukan berbagai upaya guna meningkatkan kemampuan sumber daya manusia POLRI untuk mendukung keberhasilan operasional antara lain melalui pelatihan fungsi, latihan peningkatan kemampuan, pembinaan mental rohani, olahraga bersama instansi samping dan pemberian penghargaan kepada personel yang berprestasi, yang baru saja kita laksanakan. Dan Kapolres berharap bagi anggota yang telah menerima penghargaan melalui prestasi yang telah dicapai, agar terus ditingkatkan di masa-masa mendatang.
  2. Di bidang operasional, kita juga telah melakukan berbagai upaya untuk menekan gangguan kamtibmas, kriminalitas dan kamseltibcar lantas dalam menjamin situasi yang kondusif, melalui kegiatan preemtif, preventif, dan represif.

Setelah acara upacara bendera dan pemberian Reward selesai kemudian ditutup dengan do’a oleh petugas yang ditunjuk. (humas)