Polres Blitar Kota menerjunkan dua unit kendaraan dinasnya guna menjemput dan mengawal kendaraan pengangkut vaksin COVID-19 dari Satgas COVID-19 Jawa Timur untuk kebutuhan vaksinasi di Kabupaten dan Kota Blitar, Selasa (26/1/2021).

“Satu unit mobil patwal ada di depan dan satu unit mobil lagi di belakang,” ujar Kabag Ops Polres Blitar Kota Kompol Hari Sutrisno.

Hari mengatakan, pengawalan mobil boks pembawa vaksin dilakukan mulai dari perbatasan wilayah Blitar dan Kediri yaitu di Kecamatan Udanawu. Sementara, pengawalan dari Surabaya dilakukan oleh personel dari Gegana Brimob Polda Jatim, tambahnya.

Dari Udanawu, lanjut Hari, mobil boks pengangkut vaksin COVID-19 buatan Sinovac itu menuju ke gudang farmasi milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar di Kecamatan Garum guna menurunkan 3.000 dosis vaksin. Setelahnya, ujar Hari, mobil boks vaksin menuju ke gudang farmasi Dinkes Kota Blitar di Jl. Sodanco Supriadi dan menurunkan 1.240 dosis vaksin jatah vaksinasi untuk Kota Blitar.

“Jadi, mobil boks dan rantis Brimob Polda sebelumnya mendapatkan pengawalan dari Polres Kediri sejak keluar tol di Mengkreng hingga perbatasan Kediri-Blitar kemudian diserahkan pengawalannya ke kita,” jelasnya.

Selanjutnya, ujar Hari, dari gudang farmasi Dinkes Kota Blitar mobil boks vaksin dan rantis Brimob dikawal hingga perbatasan Blitar-Tulungagung dan diserahkan pengawalannya ke Polres Tulungagung.

Menurut Hari, Blitar adalah kota tujuan pertama pengiriman vaksin COVID-19 dari Provinsi Jawa Timur kali ini. Dari Blitar, mobil pengangkut vaksin menuju ke Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan dan Magetan.*