Polres Blitar Kota menggelar resepsi Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-73 di Pendopo Agung Ronggo Hadi Negoro hari Sabtu tanggal 13 Juli 2019. HUT Bhayangkara tahun ini mengusung tema ‘Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara’.
Hadir dalam acara ini Bupati Blitar Rijanto, Plt Wali Kota Blitar Santoso, Kepala BNN Kabupaten Blitar AKBP Agustianto, Forkopimda Blitar Raya, tokoh agama dan tokoh masyarakat Blitar Raya, Perwira dan anggota Polres Blitar Kota, unsur TNI dan tamu undangan lainnya.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar, S.I.K, M.Si dalam sambutannya mengucap syukur pada usia ke-73 ini Polres Blitar Kota bersama-sama dengan Kodim 0808/Blitar, Yonif 511/DY,  Pemerintah Kota Blitar dan Pemerintah Kabupaten Blitar serta berbagai organisasi masyarakat yang lain, dapat mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.

Kapolres juga menyampaikan, seiring dengan itu dari tahun ke tahun kepercayaan publik terhadap polri semakin meningkat. Berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga survei yang kredibel pada tahun 2016 Polri termasuk dalam 3 institusi dengan kepercayaan publik terendah. Namun saat ini polri telah berhasil mereformasi diri yang akhirnya polri berada pada 3 besar lembaga pemerintah yang dipercaya oleh publik. Hal ini tidak lepas atas dukungan dari semua pihak baik TNI, pemerintah daerah maupun elemen masyarakat yang lain.

Kapolres Adewira menyampaikan, pada satu tahun terakhir ini telah banyak prestasi yang diraih oleh Polres Blitar Kota diantaranya berhasil melakukan ungkap kasus pembunuhan disertai mutilasi yang terjadi di wilayah Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar, Berhasil ungkap kasus curat, curas dan curanmor sebanyak 18 kasus, berhasil ungkap kasus perjudian sebanyak 13 kasus dan yang terbaru telah berhasil melakukan ungkap kasus penghinaan lambang negara melalui media sosial.

Selain itu Polres Blitar Kota bersama 5 polres di Polda Jatim terpilih sebagai polres yang mengikuti pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bebas melayani.

Adewira juga menyebut tantangan tugas yang segera dihadapi adalah pengamanan pesta demokrasi pemilihan kepala desa secara serentak di wilayah Kabupaten Blitar pada bulan Oktober 2019 nanti, selain itu di akhir tahun nanti polri akan menyelenggarakan pengamanan hari raya Natal dan Tahun Baru.

Di akhir acara Polres Blitar Kota menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba-lomba dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke-73. Di kesempatan ini Kapolres Adewira juga memberikan penghargaan kepada anggota berprestasi serta masyarakat yang membantu tugas Polri dalam mewujudkan kamtibmas. Dan dihibur dengan bintang tamu percil cs yang mana sengaja didatangkan untuk memeriahkan acara HUT Bhayangkara ke-73.