Polres Blitar Kota gelar Konferensi Pers setelah berhasil meringkus komplotan begal sepeda motor yang beroperasi di wilayah Kota Blitar dan Kabupaten Blitar dalam Operasi Sikat Semeru 2019 hari Selasa tanggal 24 September 2019.
Polisi menangkap enam pelaku, empat di antaranya sebagai penadah sepeda motor hasil kejahatan.
Komplotan begal yang dibekuk merupakan kelompok F alias Jitul, warga desa Karangbendo, kecamatan Ponggok, kabupaten Blitar. Jitul juga residivis kasus pencurian dan perampasan sepeda motor.

Wakapolres Blitar Kota Kompol Nurhalim, SH didampingi Kasat reskrim AKP Heri Sugiono, SH. MH, Kasi Propam Ipda Widarto, Kasubbag Humas Ipda Achmad Wahyu dan Kbo sat Lantas Iptu Nanik menjelaskan Jitul sudah beraksi di 10 lokasi di wilayah kota Blitar, kabupaten Blitar, dan kabupaten Kediri.
Jitul juga yang merampas sepeda motor yang dikendarai pelajar SD saat melintas di wilayah hutan Maliran, kecamatan Ponggok, kabupaten Blitar akhir Agustus lalu.

Kompol Nurhalim menambahkan terakhir F, dia mencuri sepeda motor di dekat Alfamart di Jiwut, Nglegok, pada 5 September 2019 bersama temannya S. Untuk S juga sudah kami tangkap.

Jitul di tangkap diwilayah Banyuwangi. Polisi menembak kedua kaki Jitul karena berusaha kabur saat ditangkap. Dari penangkapan Jitul dan S, polusi menangkap empat orang lagi yang menjadi penadah sepeda motor curian.

Polisi menyita empat unit sepeda motor yang diduga hasil kejahatan dari pelaku. juga kunci T yang digunakan pelaku untuk mencuri sepeda motor. Pelaku ini residivis kasus pencurian dan perampasan sepeda motor. Pelaku sudah beraksi di 10 TKP, delapan TKP di Blitar dan dua TKP di wilayah kabupaten Kediri.