Polres Blitar Kota menggelar apel kemanusiaan untuk membantu warga yang terdampak bencana alam gempa bumi magnitudo 6,7 R, apel itu dipimpin langsung oleh Kapolres Blitar Kota, AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan, S.I.K.,M.Si dan diikuti oleh seluruh personel Polres Blitar Kota, Minggu (11/04).

Ditemui seusai apel, Kapolres Blitar Kota mengatakan, bencana alam gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Malang pada Sabtu (10/04) kemarin juga membuat dampak kerusakan yang cukup di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

Setidaknya, dari data yang di rillis oleh Pemerintah Kota Blitar, terdapat 25 bangunan mengalami kerusakan. Dengan rincian 1 Fasilitas Kesehatan yakni RSUD Mardi Waluyo, 5 Gedung Pendidikan, 3 tempat ibadah, 2 gedung kantor, dan 14 rumah warga.

“Oleh karenanya, saya mohon kepada seluruh anggota untuk meningkatkan kehati-hatian dan kewaspadaan akan terjadinya gempa susulan,” katanya.

Serta, ia mengimbau kepada anggotanya untuk secara aktif berperan membantu masyarakat membersihkan puing-puing bangunan yang rusak akibat goncangan gempa bumi.

Setelah melaksanakan apel, Kapolres Blitar melanjutkan untuk turun ke lapangan meninjau lokasi sekaligus memberikan sejumlah bantuan kepada warga yang terdampak.