Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si berikan keterangan pada media

Polres Blitar Kota bekerja sama dengan dinas perhubungan dan dinas kesehatan lakukan pemeriksaan urine kepada sekitar 90 sopir bus dan angkutan barang di Terminal Patria Kota Blitar hari Jum’at  tanggal 24 Mei 2019, checkup kesehatan hingga pemeriksaan kelaikan jalan angkutan dimulai pukul 13.00 sampai dengan selesai.

Puluhan sopir mengikuti pengecekan oleh petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Narkotika Kota Blitar bersama dengan Polres Blitar kota. Sejumlah sopir bus dan angkutan barang diperiksa urine dan kesehatan secara umum.

Selain diperiksa kesehatan dan urine, petugas dari Satlantas Polres Blitar Kota, Dinas Perhubungan (Dishub) dan petugas terminal juga ikut mekakukan kegiatan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan hingga memastikan kelaikan kendaraan.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si yang memimpin langsung kegiatan tersebut mengatakan ini untuk memastikan kesiapan angkutan lebaran dan kelaikan jalan angkutan umum maupun angkutan-angkutan lainnya serta memastikan kondisi para awak kendaraan terbebas dari zat-zat adiktif, miras dan terjaga kesehatannya.

Kapolres Adewira menambahkan upaya ini sekaligus rangkaian upaya pemerintah untuk meminimalisir potensi kecelakaan lalu lintas dan keamanan kendaraan umum ketika lebaran. dari hasil pemeriksaan atau tes urine oleh petugas, tidak didapati sopir yang positif terindikasi oleh zat-zat narkotika ataupun pengaruh minuman keras. Kemudian, terkait pemeriksaan kesehatan, para sopir dicheck terkait tensi darah, kolesterol dan kadar gula yang mana didapati semuanya normal, hanya untuk kolesterol dan tensi darah yang tinggi ada sekitar tiga puluh sampai lima puluh persen.