Upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di wilayah kota Blitar terus dilakukan oleh jajaran Polres Blitar Kota guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan cara memaksimalkan kinerja tim POP (Problem Oriented Policing) dengan menerapkan 3 T (testing, tracing dan treatment) secara masif. Hal tersebut dilakukan berdasarkan instruksi dari Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol M Fadil Imran, guna menurunkan angka penyebaran Covid-19 di Jawa Timur, khususnya di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

Menindak lanjuti hal tersebut, Kapolres Blitar Kota membentuk tim POP untuk mengimplementasikan instruksi dari Kapolda Jatim dan mengambil langkah cepat dalam menghadapi permasalahan saat ini dan mengintervensi dalam proses penyembuhan.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH, SIK, MH menjelaskan tentang 3T dalam hal ini, testing adalah menginisiasi kegiatan partisipasi masyarakat, seperti kegiatan di kampung tangguh yang sudah berlangsung. Tracing adalah melacak kontak erat pasien Covid-19 sedangkan treatment adalah upaya pengobatan kepada pasien Covid-19.

Dalam hal tersebut tim POP Polres Blitar Kota melaksanakan kegiatan upaya kuratif dengan cara menyambangi dan memberikan suplemen vitamin maupun obat herbal serta memberikan paket sembako kepada pasien yang positif Covid-19 di wilayah hukum Polres Blitar Kota hari Sabtu kemarin tanggal 18 Juli 2020. Diantaranya klaster Rembang Kota Blitar, yang terdiri dari dua keluarga yang menjalani isolasi mandiri, pasien Covid-19 di Desa Slemanan Kecamatan Udanawu yang sedang dirawat di RS Medika Kanigoro, pasien Covid-19 warga Lingkungan Ngegong Kelurahan Gedog Kota Blitar, dan pasien Covid-19 warga Desa Modangan Kecamatan Nglegok yang dirawat di RS Mardi Waluyo Blitar.

Leonard menambahkan saat ini rekan-rekan Bhabinkamtibmas dan tim POP memberikan bantuan berupa vitamin dan obat herbal serta memberikan paket sembako kepada pasien positif Covid-19 yang di rawat dirumah sakit maupun yang menjalankan isolasi mandiri

Selain memberikan bantuan yang merupakan kepedulian terhadap warga Blitar yang terkena musibah Covid-19 ini, tim POP Polres Blitar kota juga melakukan penyambutan terhadap warga lingkungan Talun Kelurahan Klampok Kota Blitar yang dinyatakan sembuh dari Covid-19.