Polres Blitar Kota bekerja sama dengan Pemerintah Kota Blitar menyemprot cairan disinfektan di jalan-jalan protokol daerah tersebut hari Selasa tanggal 24 Maret 2020. Tujuan penyemprotan adalah untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Dua mobil pemadam kebakaran dan satu water canon milik Polres Blitar Kota dikerahkan untuk mengangkut ribuan liter cairan disinfektan.

Penyemprotan dimulai dari Jalan Merdeka, kemudian Jalan Semeru kemudian beberapa ruas jalan di sekitaran Pasar Legi Kota Blitar. Dilanjutkan ke Jalan Kartini dan Jalan Soedanco Supriadi.

“Ini adalah upaya pencegahan secara massal terhadap virus corona. dengan menyemprotkan disinfektan di ruas jalan utama setelah sebelumnya kami juga menyemprot tempat-tempat strategis di Kota Blitar,” ungkap Plt Wali Kota Blitar, Santoso.

Penyemprotan desinfektan ini selain untuk mencegah penyebaran virus Corona juga sebagai upaya memberikan ketenangan bagi masyarakat. Tujuannya, supaya masyarakat tidak panik berlebihan selama harus menjalankan sosial distancing.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH, S.I.K, MH mengatakan semua fasilitas yang ada termasuk jalan-jalan yang banyak dilalui kendaraan ini steril, juga ingin memberikan ketenangan kepada masyarakat agar tidak panik. Selain di jalan-jalan protokol di dalam Kota penyemprotan akan berlanjut hingga ke jalan-jalan di kecamatan hingga kelurahan di Kota Blitar.