Polres Blitar Kota memiliki agenda nasional pada hari ini Jum’at tanggal 23 Agustus 2019 yaitu pengamanan pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar terpilih periode 2019 – 2024 dan pengambilan sumpah janji di Gedung DPRD setempat. Ratusan personel gabungan baik itu dari Polres Blitar Kota, Polsek jajaran, Dishub Kota Blitar, Satpol PP Kota Blitar dan Kodim 0808/ Blitar dikerahkan dalam proses pelantikan tersebut.

Pelantikan anggota baru DPRD Kota Blitar periode 2019-2024 dimulai sekitar pukul 08.30 WIB. Ada 25 anggota dewan yang dilantik. Mereka yang dilantik adalah yang terpilih dalam ajang Pileg 2019.

Kabag Ops Polres Blitar Kota, Kompol M. Hari Sutrisno mengatakan sistem pengamanan dibagi menjadi tiga ring. Ring satu berada di dalam gedung dewan. Anggota yang berada di ring satu berpakaian preman. Sedangkan ring dua berada di areal luar gedung dewan. Petugas yang berjaga di ring dua ini berseragam dan membawa senjata lengkap.

Sebagian petugas terlihat berjaga di gerbang pintu masuk gedung DPRD Kota Blitar. Petugas memeriksa setiap tamu undangan yang memasuki gedung DPRD Kota Blitar.

Untuk ring tiga berada di jalan raya di sekitar gedung DPRD Kota Blitar. Petugas menutup Jl A Yani dan Jl Jenderal Sudirman untuk mensterilkan lokasi.

Kompol Hari juga mengatakan sebelumnya atau tepatnya malam hari sebelum pelantikan, polisi juga melakukan sterilisasi di dalam gedung yang digunakan pelantikan. Polisi mengecek semua bagian di dalam gedung. Juga pagi tadi, dilakukan sterilisasi ulang untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan keamanan.