Dengan situasi cuaca yang tidak menentu ini sering sekali hujan deras yang mengguyur wilayah Udanawu, maka polisi melakukan patroli antisipasi bencana alam dengan memantau arus air apakah akan meluber ketika hujan deras turun nanti. Sebab dengan sering memantau akan lebih cepat tau situasi terkini. Selasa, 6 Desember 2022.

Pengecekan sungai di Desa Tunjung yang menunjukkan air aman mengalir dan tetap jernih menurut petugas patroli dari Polsek Udanawu. Patroli dilanjutkan ke Desa lain dengan sungai-sungai yang dialiri arus dari gunung Kelud, memang saat siang kondisi air tenang namun saat hujan siapa tahu akan tinggi. Akan selalu dipantau oleh warga sekitar yang rumahnya dekat dengan sungai.

Setiap hari sudah dilaksanakan patroli antisipasi, namun segala informasi tetap akurat dari warga terdekat dengan sungai karena setiap hari tinggal di daerah tersebut. Rata-rata di setiap Desa wilayah Udanawu memiliki sungai beraliran sedang, sangat cocok dengan kenyamanan masyarakat Udanawu yang jarang sekali terjadi bencana alam. Kinerja Kepolisian sudah sepatutnya ditunjang dengan kedisiplinan masyarakat dalam memberikan informasi yang akurat untuk mempermudah tugas.

Anggota Polsek Udanawu terus bergerak dalam mempersiapkan musim hujan, bahkan di mobile patroli sudah tersedia peralatan lapangan dalam penanganan bencana seperti cangkul, sabit , chainsaw. Jadi dalam pelaksanaan tugas saat ada cuaca buruk sudah siap menuju ke lokasi yang diinformasikan oleh masyarakat.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos saat ditemui “musim hujan yang sering melanda wilayah Udanawu saat ini membuat gelisah banyak pihak terutama warga masyarakat Udanawu jadi lebih hati-hati bila terjadi bencana alam. Polsek Udanawu siap membantu masyarakat dikala bencana alam banjir, pohon tumbang, dll. ” Ujar Kapolsek Udanawu