Polres Blitar Kota melakukan patroli di sejumlah tempat di wilayah hukumnya untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas serta meminimalisir kemungkinannya hari Sabtu tanggal 02 Februari 2019 dimulai pukul 20.00 wib. Kegiatan Polisi militan yang dilakukan setiap malam hari libur untuk mengantisipasi kerawanan gangguan keamanan yang akhir akhir ini marak terjadi. 

Meski malam hari libur, Polres Blitar Kota tetap eksis dalam melayani. Sejumlah tempat tempat yang dianggap rawan yang menjadi tempat berkumpul masyarakat seperti taman pecut dan Alun Alun. Tidak lupa seperti daerah persawahan dan perbankan maupun tempat yang sepi yang kemungkinan besar terjadi tindak pidana maupun gangguan kamtibmas dipatroli satu persatu oleh anggota Polres Blitar Kota. Tidak hanya sampai disitu, Polres Blitar Kota juga mengecek dan melakukan patroli di obyek vital lainnya. 

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si melalui Paur Humas Polres Blitar Kota Ipda Dodit Prasetyo, SH mengatakan wilayah hukum Polres Blitar Kota dan jajarannya pada umumnya aman terkendali namun kegiatan patroli tetap akan ditingkatkan untuk memastikan kota Blitar dalam keadaan aman. Ini sebagai langkah antisipasi adanya gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi baik di masyarakat maupun di salah satu obyek vital yang berada di kota Blitar serta salah satu bentuk program unggulan Polres Blitar Kota. Patroli ini untuk mengantisipasi kerawanan kamtibmas dan menciptakan rasa nyaman bagi masyarakat. 

Keamanan wilayah kota Blitar dan jajaran merupakan tanggung jawab bersama yaitu Polri dan masyarakat apalagi malam hari libur yang mana sering dijumpai banyak pemuda maupun pemudi yang berkumpul walau sekedar nongkrong. Polres Blitar Kota dan jajaran bertujuan untuk meminimalisir adanya hal negatif dan kemungkinan yang terjelek lainnya khususnya menjurus kearah kriminalitas dan kenakalan remaja yang membuat suasana menjadi tidak nyaman.