Pada hari Sabtu malam tanggal 08 Mei 2021 pukul 20.30 s/d 22.00 wib petugas piket pos Pam Operasi Ketupat Semeru 2021 melaksanakan kegiatan Penyekatan di depan Pos Pam tepatnya di Jl. Raya perbatasan Kab. Kediri – Blitar guna pencegahan dan mutus rantai virus covid-19.

Selain untuk mencegah penyebaran Covid-19 giat Penyekatan ini untuk mengantisipasi orang mudik di malam hari menjelang hari raya idul Fitri 1442 Hijriah. Kegiatan Penyekatan ini dilaksanakan rutin sehari baik pagi siang maupun malam hari, Mengingat sekarang masih kondisi pandemi Covid-19 yang sangat rawan penularannya. Mudik adalah tradisi bangsa Indonesia akan tetapi pemerintah telah melarang sementara orang untuk mudik tidak lain adalah untuk memutus mata rantai Penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Untuk personil dalam pelaksanaan operasi Penyekatan ini terdiri dari Polri, TNI, Satpol-PP, petugas kesehatan dari Puskesmas, Damkar dan Personil dari Dinas perhubungan Kabupaten Blitar. Petugas Penyekatan Melaksanakan pemeriksaan cek kesehatan kepada pengemudi kendaraan oleh petugas kesehatan Puskesmas Udanawu, kemudian di data identitas nya serta keperluannya. Apabila di temukan pemudik oleh petugas akan memutar balik agar tidak masuk wilayah Blitar.

Dalam penyekatan tersebut petugas telah memeriksa sebanyak 20 pengendara sepeda motor, 16 Mobil penumpang dan 2 mobil pengangkut barang, dan petugas juga telah mengembalikan atau memutar balik pemudik ke tempat asal sebanyak 6 unit mobil dari luar daerah.

Saat di temui Kapolsek Udanawu Akp Anjun Sudaryanto S.Sos mengatakan bahwa kegiatan Penyekatan ini dilaksanakan secara rutin untuk mengantisipasi pemudik dan mengantisipasi membludaknya Penyebaran virus Corona atau Covid-19, mengingat di hari raya lebaran ini sangat rawan terjadinya kerumunan karena sedang merayakan hari lebaran yang di mungkin warga rawan tidak disiplin mematuhi protokol Kesehatan. Apalagi adanya pemudik dari berbagai daerah atau luar negeri yang dikhawatirkan membawa virus Corona atau Covid-19. “Ucap Kapolsek”