Polsek Sukorejo – Menjelang perayaan natal, di beberapa Tempat Ibadah di wilayah Kecamatan Sukorejo dilakukan sterilisasi. Sterilisasi dilakukan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan barang-barang yang membahayakan. Sehingga umat kristiani bisa aman dan nyaman dalam menyambut natal tahun ini, Sabtu (25/12/2021).

“Sterilisasi ini bagian dari kegiatan operasi Lilin Semeru 2021. Gereja-gereja di wilayah kecamatan Sukorejo wajib dilakukan sterilisasi sebelum digunakan untuk ibadah,” kata Kapolsek Sukorejo Kompol Slamet Pujiono, SH.

Kompol Slamet Pujiono mengungkapkan untuk gereja yang besar dan berada di dalam kota, sterilisasinya menjadi tanggungjawab Satuan Samapta. Sementara untuk gereja-gereja yang berada di kecamatan, sterilisasinya dilakukan oleh petugas kepolisian dari Polsek masing-masing.

“Yang di dalam kota, sterilisasi dilakukan oleh 12 personel dari satuan Samapta. Sementara untuk gereja di kecamatan dilakukan oleh petugas kepolisian dari polsek,” ungkapnya.

Selain melakukan sterilisasi, petugas kepolisian juga melakukan keamanan setiap ada jadwal ibadah selama perayaan natal. Kapolsek Sukorejo menyebut jika pengaman disetiap gereja berbeda-beda. Tergantung berdasarkan banyak sedikitnya jemaat di gereja tersebut. “Tentu jika jemaatnya banyak, personel kepolisian yang diturunkan untuk pengamanan ya banyak. Ya bervariasi disetiap gereja,” katanya.

Dengan adanya operasi lilin semeru 2021 ini, Kapolsek Sukorejo berharap natal dan tahun baru di Kecamatan Sukorejo khususnya di Kota Blitar berjalan dengan aman. Masyarakat yang melaksanakan ibadah bisa nyaman. “Harapan kami warga Kota Blitar secara keseluruhan aman dan nyaman saat perayaan natal sampai tahun baru nanti. Tidak ada gangguan kamtibmas,” pungkasnya.