pelaksanaan apel besar sebelum pelatihan Dalmas

Polres Blitar Kota – Dalam rangka persiapan pengamanan Pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 yang akan dilaksanakan pada bulan Juni mendatang, Polres Blitar Kota pada hari Jum’at (20/20/2018) melaksanakan latihan Pengendalian Massa (dalmas) yang bertempat di halaman Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) Kota Blitar.

Dipimpin langsung oleh Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K, M.Si, di ikuti oleh seluruh personil Polres Blitar Kota dan seluruh personil dari Polsek jajaran Wilayah Hukum Polres Blitar Kota sebelum pelaksanaan Dalmas dimulai terlebih dahulu dilaksanakan Apel Besar yang bertujuan untuk mendengarkan arahan pimpinan dan menjaga kedisiplinan Anggota.

Pengendalian massa yang selanjutnya disebut dalmas adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan Polri (kompi,peleton) dalam rangka menghadapi massa pengunjuk rasa yang di bagi menjadi beberapa tahap. Yang pertama, Dalmas awal adalah satuan dalmas yang tidak dilengkapi dengan alat-alat perlengkapan khusus kepolisian, digerakkan dalam menghadapi kondisi massa masih tertib dan teratur/situasi hijau.

Dalmas lanjut adalah satuan dalmas yang dilengkapi dengan alat-alat perlengkapan khusus kepolisian, digerakkan dalam menghadapi kondisi massa sudah tidak tertib/situasi kuning. Lapis ganti adalah kegiatan peralihan kendali dari satuan dalmas awal ke dalmas Lanjut. Lintas ganti adalah kegiatan peralihan kendali dari satuan kompi dalmas Lanjut kepada satuan kompi/detasemen penanggulangan huru-hara brimob.

Negosiator merupakan anggota Polri yang melaksanakan perundingan melalui tawar-menawar dengan massa pengunjuk rasa untuk mendapatkan kesepakatan bersama, dan yang terakhir adalah Penanggulangan huru-hara yang selanjutnya disebut PHH adalah rangkaian kegiatan atau proses/cara dalam mengantisipasi atau menghadapi terjadinya kerusuhan massa atau huru-hara guna melindungi warga masyarakat dari ekses yang ditimbulkan.

Diharapkan dengan dilaksanakannya latihan Dalmas ini, Anggota Polri di wilayah Hukum Polres Blitar Kota siap dan sigap dalam menghadapi segala kondisi yang akan terjadi, dalam rangkaian Pigub Jatim 2018 mendatang. Namun demikian Polres Blitar Kota juga terus melakukan sosialisasi melalui sambang kunjung seluruh elemen Masyarakat untuk mengajak bersama-sama menciptakan Pemilu yang Aman, Tertib dan Kondusif.