Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 akan diselenggarakan secara sederhana karena situasi pandemi Covid-19. Upacara peringatan dilakukan melalui virtual atau live streaming pada hari Rabu tanggal 01 Juli 2020 dengan Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara. Rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara akan dilaksanakan secara sederhana. Konsepnya menyesuaikan kondisi saat ini.

Di hari Bhayangkara, Polres Blitar Kota mengadakan upacara peringatan pukul 08.30 WIB bertempat di gedung Patriatama.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH , SIK, MH menuturkan Upacara dilaksanakan secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo selaku inspektur upacara. Tahun ini, kepolisian mengusung tema ‘Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif’ dengan beberapa kegiatan peringatan menjelang hari Bhayangkara menyesuaikan kondisi saat ini dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus corona.

Selain itu, sejak awal Juni, Polres Blitar Kota sudah melakukan sejumlah kegiatan simpatik seperti donor darah, pemberian sembako, bersih-bersih kampung dan tempat ibadah, serta menggelar rapid test di beberapa wilayah.

Di hari Bhayangkara ini Polres Blitar Kota juga memberikan program SIM gratis kepada masyarakat dengan syarat dan ketentuan mengikuti program SIM tersebut yakni pemohon lahir pada 1 Juli. Harus memiliki KTP elektronik atau e-KTP dan surat keterangan sehat. Warga Indonesia yang berulang tahun pada 1 Juli bakal mendapat hadiah khusus dari kepolisian, layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis. Baik pengajuan membuat SIM baru mau pun perpanjangan masa berlaku.

Kemudian pemohon juga harus memenuhi persyaratan dalam pembuatan SIM. Syarat berikutnya bagi pemohon SIM baru yaitu wajib lulus dalam tes uji teori dan praktik. Sementara untuk pemohon perpanjangan SIM diwajibkan menyertakan SIM lama.