Peringatan detik detik Proklamasi di kota Blitar tepat jam 10.17-10.20 WIB, seluruh pengendara yang melintas maupun masyarakat yang beraktifitas baik di simpang empat maupun simpang tiga di kota Blitar berhenti sejenak dan berdiri dengan sikap sempurna untuk menghormati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-75.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH, SIK, MH melalui Kasubbag Humas Iptu Achmat Rochan, SH mengatakan Senin, 17 Agustus 2020 tepat jam 10.17 WIB seluruh kendaraan yang melintas di simpang empat dan pertigaan serta masyarakat yang beraktifitas berhenti sejenak dan berdiri dengan sikap sempurna selama 3 menit, masyarakat mengheningkan cipta sejenak untuk menghormati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75.

Rochan menambahkan momentum ini bukan hanya dilakukan di wilayah kota Blitar saja namun seluruh jajaran wilayah hukum Polres Blitar Kota melalui Polsek Polsek juga melaksanakannya. Masyarakat tampak antusias dengan momentum berhenti sejenak dari aktivitasnya ini dan berharap masyarakat bisa meresapi perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. Hal ini memang membuat adanya antrian kendaraan yang cukup panjang namun hanya berlangsung sebentar karena petugas lalu lintas secara sigap melakukan pengaturan dan beberapa saat setelahnya arus lalu lintas kembali normal lagi.