Polsek Sanankulon – Bripka Nuki Wahyu selaku anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sanankulon melaksanakan kegiatan sambang dan kunjung salah satu tokoh yang ada di desa binaan. Kegiatan ini merupakan wujud silaturahmi sekaligus kegiatan rutin anggota dengan harapan dapat mengetahui kondisi keamanan desa serta dapat menyerap aspirasi dan laporan masyarakat mengenai situasi kamtibmas yang sedang berkembang di wilayah desa binaan. Selasa, 10 September 2019 malam.3

Untuk melaksanakan fungsi dan tugas pokok Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan pada masyarakat, diperlukan kemampuan anggota Polri dalam menerapkan strategi Pemolisian Masyarakat guna membangun kemitraan dan kerja sama dengan mengikutsertakan tokoh yang ada di masyarakat untuk turut serta menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungannya. Inilah yang sedang ditempuh oleh Bripka Nuki dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut. Melalui deteksi aksi yang nyata, maka segala potensi ancaman gangguan kamtibmas yang ada di desa akan terkelola dengan baik bersama tokoh masyarakat.

Menurut Bripka Nuki wahyu, masyarakat yang ada di desa binaan juga harus tetap berperan aktif dalam menjaga situasi kamtibmas di lingkunganya, baik di lingkungan tempat tinggal maupun lingkungan tempat mereka bekerja. Peran serta tokoh yang ada dimasyarakat meliputi tokoh agama atau tokoh pemuda dalam mendeteksi benih benih atau gejala gejala gangguan kamtibmas adalah cara yang strategis untuk mengantisipasi agar tidak berkembang menjadi gangguan yang bersifat nyata. Setiap warga negara memiliki kewajiban dalam menciptakan ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat, tidak bisa kita bebankan hanya kepada petugas Kepolisian saja, melainkan adalah tanggungjawab bersama. Pungkas Bripka Nuki Wahyu.