Polsek Sanankulon –  Bhabinkamtibmas adalah petugas Polri yang bertugas di tingkat Desa dan Kelurahan yang bertugas atau mengemban fungsi Pre-emtif dengan cara bermitra dengan semua lapisan masyarakat yang ada di desa binaannya. Sebagai seorang anggota Bhabinkamtibmas yang sedang berada ditengah tengah masyarakat, Bhabinkamtibmas harus bisa menjadi contoh, teladan dan pelindung bagi masyarakat di desa binaannya. Selain itu juga harus lebih peka dan mampu mendengar lebih jelas tentang apa yang menjadi keluhan masyarakat.

Seperti halnya Bripka Dian Sulitrianto selaku Bhabinkamtibmas Polsek Sanankulon melaksanakan patroli dialogis di desa binaan dan membaur dengan warga masyarakat. Sabtu 15 Februari 2020. Dengan metode patroli dialogis ini sangat efektif dalam merepresentasikan tugas seorang Bhabinkamtibmas yang terjun langsung dengan warga masyarakat. Dengan demikian hubungan emosional antara Petugas dengan warga masyarakat semakin erat. Hal ini bermuara pada Pemolisian masyarakat yang dapat meringankan tugas tugas Kepolisian ditingkat bawah dalam memelihara keamanan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat.

Kapolsek Sanankulon AKP Wahono menambahkan bawasannya seorang Bhabinkamtibmas juga harus mampu menyelesaikan semua masalah di tingkat desa melalui metode problem solving. Dengan demikian maka diharapkan tugas Bhabinkamtibmas benar benar dapat dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat demi terwujud dan terpeliharanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. pungkas Kapolsek Sanankulon.