Sebagai tindak lanjut program Jatim bermasker, Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M. Sinambela membuat edukasi baru program tukarkan masker yang dilaunching, Rabu (19/08/20) di Mapolres Blitar Kota.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Polsek Ponggok memanfaatkan kendaraan Bhabinkamtibmas disediakan tempat sampah serta masker baru ,hand staniteser,dan disinfektan selanjutnya berkeliling untuk mengedukasi warga di sekitar pasar Cangkring Ponggok agar menukarkan maskernya yang lama dengan yang baru,yang sudah di sediakan oleh bhabinkamtibmas secara gratis.

Program ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat bagaimana pentingnya menjaga higienitas atau kebersihan dari masker dan kegiatan ini kita lakukan program pembagian masker melalui metode tukar masker.

Lebih lanjut Kapolres Blitar menjelaskan, dalam pengelolaan masker yang lama dengan benar perspektif yang kita ambil adalah perspektif kesehatan bahwa kita tahu arti pentingnya menggunakan masker, dan ternyata masker itu mempunyai masa pakai.

Sehingga perlu diganti pada waktu-waktu tertentu, tadi juga sudah dijelaskan oleh dokter bagaimana kapan waktunya ganti dan bagaimana cara mendisposal masker yang sudah usang atau sudah habis masa pakainya.

Untuk mengurangi risiko, bagaimana membuka masker kemudian masker disemprotkan cairan desinfektan untuk membunuh kuman dan virusnya kemudian dibuang pada tempat sampah yang khusus disiapkan ditutup dengan menggunakan plastik dan selanjutnya baru dibuang.

Masyarakat cukup antusias untuk kegiatan penukaran masker tersebut.