Polres Blitar Kota bekerja sama dengan TNI dan pemerintah Kota Blitar dalam pencegahan penyebaran virus corona terus diperlihatkan. Beberapa petugas gabungan disiagakan di pintu masuk pasar tradisional yang diresmikan sebagai pasar tangguh semeru. Hal ini dilakukan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan dengan semestinya. Hari Jum’at tanggal 17 Juli 2020 sekitar pukul 06.00 WIB, belasan petugas gabungan telah bersiaga di beberapa pasar tradisional. Beberapa petugas berjaga di pintu masuk untuk mengecek penerapan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu badan dan cuci tangan.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, SH, SIK, MH mengatakan, pengamanan ini merupakan tindak lanjut dari pembentukan pasar. Jangan sampai pasar tangguh yang telah diresmikan tersebut hanya berjalan sesaat ketika diresmikan saja. Tampak beberapa petugas lainnya berkeliling untuk mengecek apakah masyarakat yang beraktifitas di pasar menggunakan masker dan face shield. Petugas tidak segan memberikan teguran kepada pedagang dan pembeli yang tidak menggunakan masker.

Leonard menambahkan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat ini diharapkan dapat menekan penyebaran virus corona di wilayah Kota Blitar. Petugas gabungan akan terus paksakan menggunakan masker dan face shield pada para pedagang. Jika setiap hari mereka dipaksa, lama-lama akan menjadi kebiasaan menggunakan pelindung diri saat beraktifitas. Semua ini juga demi mencegah penyebaran Covid-19 dan membiasakan masyarakat dalam beraktifitas di tatanan hidup baru.