Masih dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Pemerintah Kota Blitar kembali mengadakan pawai kebangsaan hari kedua, Minggu tanggal 25 Agustus 2019. Pawai berlangsung meriah, meski di bawah terik matahari, ribuan masyarakat kota Blitar dan sekitarnya  begitu antusias menyaksikan pawai ini. Peserta pawai di hari kedua ini sebanyak 57 peserta yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat dan instansi.

Polres Blitar Kota dalam hal ini melakukan pengamanan dan menempatkan personil dititik titik rawan macet untuk mengatur kelancaran kegiatan pawai kebangsaan ini.

Dipimpin langsung Kabag Ops Polres Blitar Kota Kompol M. Hari Sutrisno telah mensetting personil sedemikian rupa untuk mendukung kelancaran kegiatan.

Setiap peserta berusaha menampilkan atraksi yang menghibur dan kostum kostum yang cukup menampilkan ciri khas daerah masing masing.
Rute Pawai Kebangsaan dimulai dari Start di depan kantor Wali Kota Blitar, Jalan Merdeka. Dari Jalan Merdeka, para peserta berjalan ke arah Barat lalu belok kiri melewati Jalan Anggrek menuju Jalan Mastrip.
Dari Jalan Mastrip, peserta berjalan ke timur melewati Jalan TGP, Jalan Panglima Sudirman, dan finish di depan rumah dinas Wali Kota Blitar di Jalan Sudanco Supriyadi.

Ribuan masyarakat menyemut di sepanjang jalan yang dilewati peserta pawai. Sementara itu, Polres Blitar Kota dan jajarannya telah bersiap untuk mengantisipasi baik kerawanan maupun kemacetan arus lalu lintas yang bisa saja terjadi. Untuk itu arus lalu lintas yang dilintasi rute pawai sengaja dialihkan untuk suksesnya kegiatan pawai kebangsaan ini.

Kabag Ops Polres Blitar Kota Kompol M. Hari Sutrisno saat dikonfirmasi mengatakan pengamanan pawai hari sebenarnya sama dengan hari kemarin, hanya saja hari ini lebih dipertebal dikarenakan hari Minggu yang diantisipasi lebih banyak warga yang menyaksikan. Semua titik rawan baik macet maupun kerawanan lainnya telah diisi personil baik yang berpakaian dinas maupun preman. Semua sudah sesuai prosedur pengamanan untuk lancarnya kegiatan pawai kebangsaan hari ini.