Polres Blitar Kota bersama jajaran memperketat pengawasan protokol kesehatan pada pelaksanaan ibadah shalat Ied dalam rangka hari raya Idul Fitri 1442 yang digelar di sejumlah Masjid, Musala dan lapangan di wilayah hukum Polres Blitar Kota hari Kamis tanggal 13 Mei 2021.

Pengetatan ini merupakan langkah antisipasi dan pencegahan sekaligus meminimalisir potensi penularan Covid-19 mengingat lebaran tahun ini masih dalam suasana pandemi.

Kapolres Blitar Kota AKBP Dr. Yudhi Hery Setiawan S.I.K., M.Si. mengatakan, dalam pengamanan hari raya Idul Fitri terdapat dua aspek yang menjadi fokus dan perhatian petugas yakni terkait dengan keamanan itu sendiri dan masalah kesehatan khususnya penerapan protokol kesehatan.

Yudhi menuturkan, pihaknya menurunkan personel pengamanan yang tersebar di masing-masing lokasi ibadah baik masjid maupun gereja yang menggelar ibadah kebaktian kenaikan Isa Almasih.

Alumni Akpol tahun 2001 ini menambahkan, Setiap petugas baik dari tingkat Polres maupun Polsek jajaran sudah dibekali dengan masker yang bisa dibagikan kepada masyarakat. Kemudian juga melakukan pengawasan physical distancing dan penyediaan sarana penunjang penerapan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan dan lain-lain.

Kegiatan pengamanan lebaran masih akan berlanjut hingga tanggal 17 Mei 2021 mendatang sebagaimana time line dari operasi Ketupat Semeru 2021. Polres Blitar Kota dan jajaran tidak lelah dan bosan menyampaikan himbauan kamtibmas agar tidak mudik maupun anjangsana, silahkan dilakukan secara virtual saja untuk mencegah terjadinya kluster baru maupun penambahan jumlah angka penderita Covid-19.