Pada bulan Ramadhan ini situasi Covid-19 di Indonesia masih ada walaupun tidak terlalu tinggi, sedangkan penegakan disiplin protokol kesehatan tetap tidak menurun dilakukan oleh Kepolisian di lapangan. Polsek Udanawu jalankan operasi yustisi bagi masker dan pengecekan aplikasi Peduli Lindungi di kerumunan wilayah Udanawu. Minggu 17 April 2022.

Dengan banyaknya orang yang berkerumun dalam satu tempat memicu menyebarnya virus Covid-19, oleh karena itu Polsek Udanawu melakukan penertiban untuk jaga jarak dan mencuci tangan saat ke lokasi. Bertepatan hari ini ada kegiatan penyaluran bantuan sosial di Kantor Pos Udanawu yang sangat ramai sekali penerima dan pengantar bantuan. Polsek Udanawu juga membagikan masker gratis untuk langsung dipakai oleh masyarakat dan juga pengecekan aplikasi Peduli Lindungi apakah sudah vaksin lengkap atau belum, menghimbau untuk vaksin sampai booster bagi yang belum vaksin sama sekali.

Pada operasi yustisi kali ini Polsek Udanawu terus menekankan kepada masyarakat untuk memakai masker setiap pergi kemana pun, karena petugas pasti akan menghentikan bila menemui tidak tertib protokol kesehatan. Sesuai dengan arahan presiden RI Ir. Joko Widodo bahwa memakai masker dan vaksin adalah cara utama saat ini dalam menanggulangi Covid-19, untuk itu seluruh pengawas Covid-19 akan melaksanakan penegakan disiplin yang sama.

Di kantor Pos mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB datang lebih dari 1000 orang yang mengambil bantuan, tentu jumlah yang sangat besar harus hadir Polisi dalam kegiatan tersebut. Dengan berjumlah 4 personil Polsek Udanawu sangat was was mengawasi masyarakat untuk antisipasi kerawanan dan 3C yang bisa saja terjadi apabila kita lengah, parkir motor yang berjubel salah satunya yang perlu diawasi secara ketat apakah ada kunci yang tertinggal atau tidak Polsek wajib mengingatkan. Hingga pukul 12.00 WIB masyarakat bisa ditertibkan dengan baik dan semua sudah memakai masker dan juga sudah melakukan vaksin, namun vaksinnya variatif ada yang sudah booster bahkan ada yang masih sampai dosis 2.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos mengatakan “polisi menggelar operasi yustisi kepolisian untuk membagikan masker dan pengecekan vaksin sudah dilakukan setiap hari siang dan malam, agar yang belum vaksin sampai booster polisi wajib mengingatkan dengan humanis, penekanan ini akan terus dilakukan hingga seluruh masyarakat Udanawu sudah 100% sudah vaksin” terang Kapolsek.