Pendapa Ronggo Hadi Negoro
Pendapa Ronggo Hadi Negoro

BLITAR, PROKLAMATOR-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar tahun 2017 nanti akan meresmikan Pendapa Ronggo Hadi Negoro di Jalan Semeru Kota Blitar sebagai tempat wisata. Kebijakan ini seiring dengan perpindahan ibu kota Kabupaten Blitar di Kecamatan Kanigoro.

Kepala Disporbudpar Kabupaten Blitar, Luhur Sejati mengatakan gagasan tersebut muncul dari Bupati dan Wakil Bupati Blitar. dan saat ini pihaknya masih melakukan pembahasan peresmian Pendapa Ronggo Hadi Negoro sebagai tempat wisata.

 “Saat ini secara intern kami terus melakukan persiapan untuk merealisasikan hal tersebut. Nantinya jika sudah benar-benar siap, maka pendopo yang masih mempertahankan gaya arsitektur Jawa kuno itu akan segera dibuka sebagai tempat wisata,” kata Luhur, Jumat (12/8/2016).

 Luhur menambahkan, dibukanya Pendapa Ronggo Hadi Negoro sebagai tempat wisata menjadi hal yang bagus. semua arsitekturnya masih menggunakan gaya Jawa kuno tentu membuat banyak nilai-nilai budaya Jawa yang bisa dipelajari.

“Dimungkinkan nantinya aka nada tambahan sarana dan prasarana yang bisa dipelajari, untuk wisatawan tidak akan dipungut biaya masuk,” tutupnya.(rfk)