Inovasi dan pengembangan terus dilakukan Kepolisian bersama TNI dalam mencegah serta penanganan dampak ekonomi pandemi Covid-19 dimana telah terbentuk Kampung Tangguh Semeru. Untuk mengantisipasi ketersediaan pangan maupun kemandirian ditengah wabah Covid-19, Polres Blitar Kota bersama Kodim 0808 Blitar secara serentak hari Kamis tanggal 09 Juli 2020 melakukan penebaran dan panen ikan serta pembibitan di sektor pertanian.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela, SH, SIK, MH mengatakan penebaran benih ikan dan pembibitan sektor pertanian dilakukan secara serentak di jajaran wilayah hukum Polres Blitar Kota. Seperti saat ini menebar benih ikan dilahan aset kas desa Bacem Kecamatan Ponggok yang nantinya dapat bermanfaat bagi aspek perekonomian warga ditengah pandemi Covid-19. Ini untuk mendukung ketahanan pangan nasional dan sebagai penopang ekonomi warga Kampung Tangguh Semeru yang ada di Desa Bacem Kecamatan Ponggok ditengah pandemic Covid-19.

Leonard menambahkan, potensi ketahanan pangan di masing masing kampung tangguh seperti sektor pertanian, perkebunan dan peternakan sudah berjalan baik dan dapat menopang perekonomian warga. disini sektor pertanian, perkebunan dan peternakan sudah baik, sebagai penopang perekonomian warga disaat pandemi Covid-19. Bahkan dalam bulan ini sudah ada yang panen cabai dan sayur-sayuran.

Diharapkan seluruh kampung tangguh yang ada diwilayah hukum Polres Blitar Kota, nantinya punya ketahanan yang sama dalam menghadapi Covid-19 dan warganya mampu mengatasi dampak perekonomian selama pandemi berlangsung.