Patroli Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Polsek Kepanjenkidul anggota Patroli yang di pimpin Ka Spkt Polsek Kepanjenkidul Aiptu Saiful bersama 2 anggota mengecek sungai diwilayah Santren Kekurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar untuk melihat debit air setelah hujan lebat sejak sore sampai malam hari, Sabtu (31/10/20)

Dalam pengecekan tersebut, Aiptu Saiful dan anggota memastikan bahwa air sungai dalam keadaan normal. Serta tidak adanya rumah warga yang terletak sekitar sungai yang bisa terdampak bencana alam (banjir dan tanah longsor).

“Kondisi arus sungai seusai hujan dari sore kemarin tidak mengalami peningkatan debit air yang berarti, masih dalam taraf normal. Diharapkan apabila hujan turun lebat, air sungai tidak sampai meluap ke daratan hingga ke pemukiman penduduk maupun area persawahan dan juga jalan raya,” ujar Aiptu Saiful

Ia juga menjelaskan bahwa tidak ada rumah warga yang terdampak akibat curah hujan beberapa hari terakhir ini. Namun, Aiptu Saiful mengharapkan warga masyarakat agar tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam.

“Perlu kewaspadaan dari warga terutama yang tinggal disekitar aliran sungai (DAS). Karena sewaktu waktu datang hujan deras yang bisa berakibat aliran sungai meluap dan terjadi banjir” imbuhnya.

Lebih lanjut, Aiptu Saiful juga mengatakan “Polisi akan terus memantau perkembangan potensi bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Kepanjenkidul. Salah satu cara untuk mencegah meluapnya air sungai saat banjir yaitu dengan memastikan tidak ada sumbatan dialiran-aliran saluran air baik berupa sampah maupun pohon-pohon tumbang yang tidak segera dibersihkan sehingga menghambat arus air sungai,” tambahnya.

 

Dengan begitu diharapkan kepada masyarakat agar tidak membuang sisa-sisa limbah maupun sampah ke sungai karena selain mengakibatkan pencemaran air juga menjadi penyebab utama banjir, untuk itu diperlukan kesadaran dan partisipasi dari masyarakat untuk menjaga kebersihan dilingkungannya masing-masing.