Polsek Sanankulon – Tindak kejahatan Perbankan melalui metode skimming masih sering terjadi terjadi. Istilah Skimmingpun menjadi populer ditelinga masyarakat, namun sebagian masyarakat juga belum mengetahui dan memahami apa itu Skimming, apa itu pencurian melalui kartu kredit nasabah di ATM. Skimming dapat diartikan atau merupakan suatu tindak pencurian data milik nasabah yang tersimpan dalam kartu debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip atau pita magnetik kartu secara ilegal. Bagaimana bisa data bisa dicuri, padahal kartu debit telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih sehingga aman untuk digunakan bertransaksi melalui mesin ATM. Memang benar demikian, namun tetap ada ruang yang memungkinkan seseorang untuk melakukannya. Masih ada kelemahan yang menjadikannya celah bagi orang orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan tersebut.

Para pelaku kejahatan tersebut akan memasang sejumlah alat atau yang biasa disebut skimmer pada lubang kartu mesin ATM/lubang ATM palsu. Bagi nasabah yang tidak mengetahui, alat tersebut akan merekam data serta PIN milik nasabah yang kemudian data tersebut dapat digunakan bertransaksi layaknya nasabah yang dicuri datanya. Hal ini tentu sangat merugikan nasabah. Untuk mengantisipasi hal semacam itu, petugas patroli Polsek Sanankulon bersama dengan Security Bank mengecek mesin ATM sebelum digunakan oleh nasabah. Hasilnya mesin ATM terbebas dari alat alat yang mencurigakan sehingga aman untuk digunakan bertransaksi.

Kapolsek Sanankulon AKP Agus Hendro Tri S, SH selalu mengingatkan kepada seluruh anggota yang melaksanakan patroli untuk mengutamakan keamanan dan mencegah gangguan kamtibmas. Tingkatkan volume dialogis dengan segenap pihak yang ditemui saat berpatroli untuk berikan himbauan kamtibmas. Seperti contoh diatas bawasannya beban keamanan serta antisipasi terhadap segala bentuk potensi gangguan kammtibmas maupun kriminalitas adalah merupakan tanggungjawab bersama. Dengan demikian maka harapan terwujudnya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif akan benar benar dapat diraih bersama peran akktif semua pihak serta masyarakat. pungkas Kapolsek Sanankulon.