Polsek Sanankulon – Sejumlah pedagang sembako yang semula mengalami penurunan omset penjualan, mulai saat merangkak naik dan menunjukkan adanya kenaikan roda perekonomian disektor penyedian barang kebutuhan pokok konsumsi masyarakat sehari hari. Ada kekhawatiran kenaikan sejumlah barang kebutuhan tertentu yang ada dipasaran seiring dengan kondisi ekonomi saat ini. Ada sejumlah faktor yang dikhawatirkan mendorong kenaikan harga sembako, di antaranya karena adanya pandemi virus Corona, melemahnya rupiah dan faktor lain yang sangat dikhawatirkan menjadi penyenab kenaikan harga sembako yakni menipisnya stok barang yang ada dipasar. Kelangkaan atau menipisnya suatu barang kebutuhan pokok dapat pula disebabkan oleh kesengajaan pihak tertentu yang menimbun beberapa jenis barang kebutuhan pokok dengan maksud untuk memperoleh keuntungan yang lebih.

Oleh sebab itu, kegiatan patroli ini kami melaksanakan pengecekan di kios kios sembako milik pedagang yang ada di desa, ujar Kanit Sabhara. Kami mintai keterangan kepada pemilik kios apakah ada barang kebutuhan pokok sehari hari yang mengalami kelangkaan ditengah pandemi seperti saat ini. Setelah kami cek beberapa kios dan dari keterangan pemilik kios, kondisi barang kebutuhan pokok relatif stabil dan tidak mengalami kelangkaan. Harganya pun tidak mengalami kenaikan, apabila harganya naik, itu hanya penyesuaian dari pasar karena faktor keterlambatan pengiriman atau hal lain yang sifatnya fluktiatif normal.

Secara terpisah Kapolsek Sanankulon AKP Wahono mengatakan bahwa patroli kios atau toko sembako ini sebagai upaya untuk mengawasi harga kebutuhan pokok utamanya dimasa pandemi ini sehingga ekonomi masyarakat tetap terjaga dengan baik. Kapolsekk juga menambahkan bawasannya sejumlah langkah kongkrtt diperlukan untuk menjaga stabilitas harga sembako dimasa seperti saat ini. Apabila terjadi kelangkaan yang mengakibatkan lonjakan harga bisa terjadi bukan saja karena tingginya permintaan, tetapi akibat adanya permainan spekulan dan para mafia pangan untuk meraih keuntungan yang berlipat. Oleh sebab itu kami laksanakan patroli dialogis kepada para pelaku ekonomi pemilik toko atau kios untuk bersama menjaga stabilitas ekonomi yang ada dan melaporkan kepada pihak berwajib apabila mengetahui ada indikasi penimbunan barang kebutuhan pokok yang dapat merugikan konsumen atau masyarakat luas. ungkap Kapolsek Sanankulon.