Paska gempa bumi magnitudo 6,2 yang melanda wilayah Blitar Raya, Polres Blitar Kota bergerak cepat dengan melaksanakan apel kesiapsiagaan dalam rangka kemanusiaan membantu korban bencana.

Apel kesiapsiagaan itu dipimpin langsung oleh Kapolres Blitar Kota, AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan, S.I.K.,M.Si dan diikuti oleh seluruh personel Polres Blitar Kota bertempat di Halaman Apel Mapolres Blitar Kota, Sabtu (22/05).

Kapolres menjelaskan, kegiatan apel kesiapsiagaan itu bertujuan untuk memberikan pengarahan terhadap personel terkait dengan penanganan setelah terjadinya gempa.

“Bencana gempa bumi yang melanda wilayah Blitar kemarin tentunya menjadi perhatian pihak kepolisian, salah satunya adalah dengan melakukan penanganan paska bencana baik berupa kerusakan gedung ataupun penyaluran bantuan sosial,” katanya.

Lanjut Kapolres, setelah apel selesai dirinya akan langsung mengecek kembali lokasi-lokasi yang terdampak bencana gempa serta melakukan monitoring secara update.

Tak hanya itu, menurut Kapolres, jika memang di perlukan pihaknya akan mendirikan tenda-tenda di sekitar lokasi terdampak untuk digunakan sebagai titik pengungsian.

“Pada prinsipnya, bagaimana cara kita menyikapi bencana yang terjadi ini dengan cepat dan tepat agar situasi dapat kembali pulih seperti biasa,” pungkasnya.