Polsek Sanankulon – Aiptu Hermanto bersama dua personel melaksanakan kegiatan patroli dialogis bersama dengan warga masyarakat di seputaran Pasar Desa sumberingin Sanankulon. Selasa (19/7/22). Pada lokasi tersebut menjadi pusat perekonomian masyarakat setempat yang relatif ramai oleh aktifitas perdagangan.

Aiptu Hermanto mengatakan bahwa patroli merupakan salah satu kegiatan Kepolisian yang dilakukan oleh anggota Polri sebagai usaha mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas yang disebabkan potensi gangguan dengan cara mendatangi maupun mengamati situasi, dan atau kondisi yang diperkirakan menimbulkan gangguan nyata yang memerlukan kehadiran Polri untuk melakukan tindakan-tindakan Kepolisian. “Oleh sebab itu kami berdialogis dengan warga masyarakat untuk bersama menjaga situasi lingkungan agar tetap aman dan kondusif”. ucapnya.

Kapolsek Sanankulon melalui Kanit Samapta Ipda Sudarsono mengatakan bahwa petugas Polri harus mampu membangun hubungan dialogis yang baik dengan segenap elemen masyarakat. sehingga patroli dialogis dapat diartikan sebagai kegiatan kepolisian yang mengembangkan pola komunikasi dua arah antara petugas Patroli dan masyarakat untuk saling tukar informasi dan respon dengan substansi pemeliharaan Kamtibmas.

“Sasaran kegiatan Patroli dialogis mentargetkan individu atau kelompok masyarakat yang rentan dengan gangguan Kamtibmas. Tujuan ahirnya adalah pemeliharaan kamtibmas yang sejalan dengan harapan kita semua, atau dengan kata lain bahwa situasi kamtibmas yang aman dan kondusif adalah tanggungjawab kita bersama”. ungkap Kanit Samapta.