WhatsApp Image 2017-03-02 at 13.27.36

Operasi Simpatik Semeru 2017 telah dimulai. Polisi akan melakukan langkah preemtiv dan preventif dalam operasi yang digelar 1-21 Maret.

“Operasi simpatik ini merupakan program Polri di seluruh Indonesia yang dilaksanakan serentak hari ini. Ini kalender khusus seluruh kepolisian yang terpusat, bukan mandiri kewilayahan,” ujar Kasatlantas Polres Blitar Kota AKP Rizky Tri Putra S.I.K.

WhatsApp Image 2017-03-02 at 13.27.39 WhatsApp Image 2017-03-02 at 13.27.37

Melihat nama operasinya yang simpatik, Rizky menegaskan bahwa operasi kali ini mengedepankan langkah preemtif dan preventif atau upaya pencegahan terhadap pelanggaran lalu lintas dan bukan tilang. Masyarakat diajak melakukannya.
“Kami mengajak masyarakat melakukan pencegahan terhadap gangguan kecelakaan karena kecelakaan pasti didahului dengan pelanggaran,” kata Rizky.

Karena pencegahan, maka petugas yang melakukan operasi simpatik akan memberi teguran dan bukan penilangan. Tetapi di lapangan nantinya bakal ada sanksi tilang untuk pelanggaran-pelanggaran yang sifatnya fatalitas atau membahayakan pengendara lain.

“Kami mengedepankan 85% upaya simpatik. Tapi tetap ada penilangan untuk pelanggaran fatalitas seperti melawan arus dan lain sebagainya,” lanjut Rizky.

Siang ini juga diadakan pembagian brosur untuk mengawali Operasi Simpatik Semeru 2017. Brosur itu dibagikan kepada pengendara yang melintas di simpang 4 DPRD. Isi brosur itu adalah imbauan bagi pengguna jalan agar memperhatikan kesehatan sebelum mengemudi dan imbauan pemeriksaan kondisi kendaraan dan persiapan surat kendaraan…NN