Untuk memastikan Peringatan Hari Paskah umat Kristen berjalan aman dan lancar, Kapolres Blitar Kota, AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan, S.I.K., M.Si angsung terjun ke sejumlah gereja yang ada di Kota Blitar, Junat (02/04).

Dalam kunjungannya itu, ia didampingi oleh Pgs Dandim 0808, Letkol Arm. M. Muslikh, Danyon 511, Letkol Inf. A. Wakhid, Wakapolres Blitar Kota, Kompol Pratolo Saktiawan dan Kabag Ops, Kompol Hari Sutrisno.

Kapolres mengatakan, sebelumnya dirinya sudah mengintruksikan serta menerjunkan tim dari Satuan Sabhara untuk melakukan pemeriksaan sterilisasi terhadap semua Gereja yang ada di Kota Blitar.

“Ini agar mereka semua juga merasa dilindungi serta di ayomi, jangan sampai ada salah satu entitas masyarakat merasa tidak terakomodir sehingga dapat memecah belah persatuan,” ujarnya.

Selain untuk memastikan keamanan, dalam kunjungannya itu Kapolres juga mengecek apakah aturan protokol kesehatan (prokes) di lokasi ibadah sudah dilaksanakan dengan baik.

Hasilnya, ia menilai pihak panitia sudah menjalankan prokes dengan baik, setiap jemaat yang datang menggunakan masker dan langsung diarahkan untuk mencuci tangan, serta penataan kursi yang telah diatur jaraknya dengan baik.

Dijelaskan oleh Kapolres, dalam rangka menjaga nilai-nilai religius di Kota Blitar, menurutnya sangat penting untuk juga memastikan bahwa setiap orang yang beragama merasakan aman dan nyaman saat melakukan ibadahnya.

“Kita harus junjung tinggi toleransi, memberikan keleluasaan kepada antar umat beragama untuk menjalankan ibadah sesuai dengan yang diyakininya,” katanya.

Ia menambahkan, saat sikap toleransi ini dapat terbentuk baik di Kota Blitar, maka iklim beragama akan terasa dan terlihat indah, penuh dengan kedamaian sehingga tercipta gotong royong untuk membangun Kota Blitar lebih kondusif.