Dalam rangka pendataan dan usaha pencegahan penyebaran virus COVID-19 segala upaya dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid, salah satunya dengan Tracing (Penelusuran kontak erat). Penerapan praktek 3T (Tracing, Testing, Treatment) sama pentingnya dengan penerapan perilaku 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Sidorejo Bripka Suhariyono Polsek Ponggok Polres Blitar Kota bersama  dengan petugas Puskesmas Bacem Ponggok melaksanakan kegiatan tracking terhadap warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Desa Sidorejo RT 06 RW 03 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Jumat (17/09/2021) pukul 14.30 wib.

Dalam kesempatan kali ini, selain penggalian data dan informasi terkait ada tidaknya keluarga, saudara atau orang lain yang melakukan kontak erat dengan yang bersangkutan, Satgas penanganan COVID-19 Ponggok juga memberikan edukasi terkait perilaku hidup bersih dan sehat serta patuh protokol kesehatan dalam masa pandemi covid-19. Peran dan fungsi Satgas Penanganan Covid-19 tingkat Kelurahan/desa, menjadi salah satu media penyampaian informasi dan edukasi tentang hal ini. Tracing dilakukan terhadap warga Desa Sidorejo yang terkait kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif dan menyampaikan agar menjalani isolasi terpusat dan menjauhi kerumunan.

Kapolsek Ponggok AKP Sony Suhartanto, SH, mengatakan, “Kegiatan ini terus dilakukan sebagai salah satu upaya pemutus rantai penularan Covid-19 dan saran edukasi ke masyarakat akan pentingnya 3T disamping 3M.