BLITAR – Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono didampingi Wakapolres Blitar Kota Kompol Eusebia dan Pejabat Utama bersama forum pimpinan kecamatan (Forpimcam) Ponggok melaksanakan kunjungan dan Asistensi di Balai Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar sekaligus meninjau kegiatan para Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Posyandu Jiwa “Waluyo Jiwo” hasil binaan 3 pilar Desa Bacem, Kamis 20/11/2022.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono mengapresiasi pembentukan Posyandu Jiwa Waluyo Jiwo di Desa Bacem. Dia berharap Posyandu Jiwa bisa didirikan di tiap desa dan kelurahan di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

Posyandu Jiwa juga bisa menjadi wadah memberikan pemeriksaan kesehatan dan keterampilan kepada para ODGJ. AKBP Argowiyono juga meminta anggota Polsek jajaran di wilayahnya mendukung kegiatan di Posyandu Jiwa tersebut.

“Harapannya, dengan Posyandu Jiwa ini, para ODGJ bisa membaur dengan masyarakat,” kata AKBP Argowiyono

Saat ini, ada 34 ODGJ di Desa Bacem yang aktif mengikuti kegiatan di Posyandu Jiwa Waluyo Jiwo.

Selain pemeriksaan kesehatan hari ini sejumlah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) juga mengikuti pelatihan keterampilan di Balai Desa Bacem. Beberapa ODGJ terlihat mengikuti pelatihan melukis dan sebagian lagi mengikuti pelatihan membatik. Kegiatan pelatihan keterampilan untuk ODGJ itu rutin diselenggarakan tiap sebulan sekali oleh Posyandu Jiwa Waluyo Jiwo Desa Bacem.

AKBP Argowiyono juga menambahkan dalam kesempatan kali ini Polres Blitar Kota hadir dalam rangka melihat masyarakat secara langsung dengan program kandani yaitu kegiatan temu warga jadi kita akan menanyakan apa kendala yang dihadapi masyarakat maupun kesulitan dimasyarakat bisa diketahui sehingga situasi kamtibmas terjaga dengan baik selain itu juga ada juga program Mirsani materi sambang dan dampingi salah satunya kita datang ke masyarakat di wilayah ponggok dengan memberikan bantuan sebagai bentuk kepedulian.
“Kami harapkan dengan program kandani dan mirsani ini kehadiran polisi akan bisa dirasakan masyarakat apalagi situasi pandemi saat ini dan terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif dan masyarakat bisa bersinergi dengan TNI Polri ,” pungkas AKBP Argowiyono