Polsek Sanankulon – Anggota Bhabinkamtibmas Bersama dengan Babinsa, Pemerintah Desa serta warga masyarakat desa tadi pagi menggelar kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan. Minggu (14/2). Kerja bakti adalah salah satu wujud dari kehidupan bertetangga, merupakan kegiatan gotong royong untuk melakkukan sebuah pekerjaan. Kerja bakti sering dilakukan oleh seluruh warga Desa Kalipucung dalam membersihkan lingkungan sekitar agar terwujud lingkungan yang bersih dan sehat.

Bripka Winarto selaku Bhabinkamtibmas manuturkan bahwa ada banyak sekali manfaat kerja bakti, baik bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Beberapa yang manfaat kerja bakti yang bisa kita ambil adalah lingkungan kita menjadi bersih karena selalu terpelihara dan terawat. Sumber penyakit, seperti demam berdarah bisa dihilangkan dan hal ini mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit, apalagi saat ini kita masih dalam kondisi pandemi, kebersihan lingkungan harus kita jaga Bersama. Selanjutnya adalah penghematan biaya, bila masing-masing warga mau menyumbang sedikit tenaga, maka tidak perlu lagi membayar ongkos petugas untuk membersihkan lingkungannya. Yang terahir dan tak kalah penting adalah menjadi wadah silaturahmi antar warga. Dengan ikut dalam kegiatan ini, warga yang satu bisa bertemu dan berbincang satu dengan lainnya. Hal itu akan memperkukuh silaturahmi antar warga.

Sememtara itu Kapolsek Sanankulon AKP Wahono menambahkan salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah  kerja bakti bertujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong. Ungkap Kapolsek.